waspada sesak nafas akibat maag

Waspada Sesak Nafas Akibat maag

Banyak orang yang meremehkan penyakit lambung yang satu ini. Tapi jangan salah, jika sudah semakin parah, anda harus waspada sesak nafas akibat maag. Kondisi sesaak nafas ini merupakan tanda jika mah anda sudah kronis dan semakin memburuk.

Banyak yang mempertanyakan mengapa masalah lambung bisa hingga mengakibatkan sesak nafas. Kondisi ini terjadi karena asam lambung yang naik hingga menyentuh dengan kerongkongan atau masuk dalam paru-paru. Saat itu saraf kita refleks menyempitkan saluran nafas dan memaksa cairan yang masuk ke paru-paru keluar. Itulah mengapa kita harus waspada sesak nafas akibat maag. Bila hal ini terus terjadi dapat mengakibtkan kerusakan pada kerongkongan atau paru-paru karena terkena asam lambung.

Mengatasi sesak nafas akibat maag

Salah satu cara agar tidak semakin parah kita harus waspada sesak nafas akibat maag dan cekatan dalam mengatasinya. Jika sudah terjadi sesak carilah tempat yang sirkulasi udaranya. Lalu cobalah duduk dengan tegak dan bernafas melalui hidung dengan perlahan, lakuakn pernafasan perut. Tahan nafas selama 10 detik sebelum mengambil dan membuang nafas.

Biasanya untuk waspada sesak nafas akibat maag, para penderita maag juga mempunyai obat khusus dari dokter. Obat ini ada yang dihidup ataupun yang diminum. Obat ini diberikan untuk mengurangi produksi lendir berlebih dan mencegah jalan nadas tersumbat.

Mencegah terjadinya sesak nafas

Kunci untuk menghindari kejadian ini yaitu hindari kondisi yang memicu gejala maag kambuh. Yaitu dengan memperhatikan pola makan dan porsi makan mesti diperhatikan. Hindari makanan yang terlalu asam atau pedas dan juga makanan berlemak. Sebaiknya anda makan dengan porsi kecil namun sering.

Anda juga harus melatih cara bernafas jika gejala mulai dirasakan. Olahraga seperti berenang bisa membantu anda melatih pernafasan. Jika anda seorang perokok, sebaiknya berenti. Hentikan juga konsumsi alcohol, karena dapat membuat keadaan lambung anda semakin parah.

https://lingshenyao.id/miom-dan-kista-ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here