bahaya dehidrasi pada anak

Dehidrasi merupakan dimana tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya. Pada anak-anak biasanya terjadi karena diare, muntah, sering berkeringat dan seringnya buang air kecil. Meski kadang dianggap sepele namun sebetulnya anda harus mewaspadai bahaya dehidrasi pada anak jika tidak serega tidak ditangani.

Anak-anak mempunyai risiko dehidrasi lebih tinggi dibanding orang dewasa, karena anak lebih mudah terkena infeksi penyebab diare. Anak-anak juga masih tergantung pada orang lain untuk asupan cairannya, tidak seperti orang dewasa yang bisa mengira-ngira asupan cairannya. Oleh karena itu orang tua harus memperhatikan asupan cairan anak, apalagi jika si kecil sangat aktif. Ada beberapa tanda jika anak mebgalami dehidrasi. Berikut tanda anak dehidrasi :

  • Anak akan mengeluh jika dirinya haus.
  • Anak bisa lebih cepat marah.
  • Secara fisik bibir anak terlihat kering hingga pecah-pecah.
  • Jika anak menangis, air matanya tidak keluar.
  • Dalam kasus dehidrasi yang parah anak bisa lemas, hingga nadi melemah dan nafas tidak beraturan. Pada fase ini anak biasanya malah tidak mau untuk minum.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Namun bagaimana jika anak anda mengalami dehidrasi? Tenang, jangan panik terlebih dulu. Berikut yang anda dapat lakukan jika si kecil dehidrasi :

  • Jika anak masih bisa mau minum, berikanlah asupan cairan. Jika anak tidak mau, anda bisa menyiasati dengan memberinya buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan jeruk.
  • Buatlah pengganti cairan tubuh dengan campuran 1 liter air, 8 sdt gula dan setengah sdt garam. Berikan capuran tercebut pada anak untuk mengembalikan kembali cairan tubuhnya.

    Jika cara diatas sudah dilakuakn namun keadaan anak tidak membaik, maka segera bawa kedokter. Bisa jadi anak perlu tambahan cairan melalui infus dan tindakan lainnya. Jadi penting bagi orang tua waspada bahaya dehidrasi pada anak dan memperhatikan asupan cairan anak. Dehidrasi yang parah dantidak ditangani dengan benar dapat mengakibatkan komplikasi pada hati, ginjal hingga otak.

https://lingshenyao.id/obat-penghancur-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here