waktu terbaik tes usg awal kehamilan

Waktu-Waktu USG Yang Tepat

Beberapa dari anda yang baru saja hamil pertama pasti bingung untuk melakukan USG bukan. Tidak masalah hampir semua wanita yang baru pertama hamil pasti mengalami hal yang sama. USG sangat penting di lakukan untuk mendeteksi dan melihat keadaan janin. Tak hanya menentukan waktu terbaik tes usg awal kehamilan saja, di umur kehamilan tertentu juga wajib untuk USG. Berikut waktu-waktu yang tepat untuk USG :

  • Waktu terbaik tes usg awal kehamilan yaitu di usia kehamilan 6-8 minggu. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi jikalau ada kemungkinan hamil anggur atau kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang terjadi di luar kandungan. Untuk melakukan USG di kehamilan muda, kantung kemih sebaiknya tidak boleh kosong agar hasil USG bisa lebih terlihat. Apabila tidak terlihat, maka USG kemungkinan diulang 2 minggu kemudian.
  • USG selanjutnya bisa dilakukan saat usia kehamilan 11-13 minggu. Pada kali ini bertujuan untuk melihat perkembangan sang janin dan melakukan screening. Waktu ini lebih kepada melihat keadaan fisik janin atau melihat jumlah janin yang ada di dalam kandungan. Pada kehamilan anak kembar biasanya sudah bisa dideteksi pada usia kehamilan ini.
  • USG ketiga dilakukan di umur kehamilan 18-22 minggu. USG pada kali ini dimaksudnkan untuk deteksi kelainan yang bisa terjadi pada otak dan juga organ penting janin. Organ ini meliputi jantung, hati, kantung kemih, ginjal, dan juga usus. jari tangan dan kaki biasanya sudah bisa terlihat. Dan yang paling ditunggu banyak calon orang tua adalah jenis kelamin janin.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

  • USG selanjutnya dilakukan di usia kehamilan 26-30 minggu. Disini tafsiran berat badan janin sudah bisa diperkirakan dan kondisi air ketuban. Posisi janin dan wajah janin juga sudah bisa lebih jelas terlihat apakah mirip sang ayah atau ibu. Disarankan USG kali ini menggunkan USG 4D, agar bisa lebih jelas melihat keadaan fisik janin.
  • Yang terakhir di usia kehamilan 36-37 minggu. USG kali ini lebih kepada persipan persalinan nanti. Seperti posisi kepala janin,keadaa plasenta dan juga air ketuban.
  • Jika di usia lebih dari 40 minggu, sebaiknya akukan USG kembali. Guna memeriksa kondisi janin, pengapuran plasenta, kondisi ketuban, dan aliran darah di tali pusat.

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here