vaksin kanker serviks

Vaksin merupakan salah satu upaya pencegahan agar tidak terjangkit penyakit tertentu. Biasanya vaksin dilakukan saat kita masih bayi dan aja juga yang diberikan saat sudah masuk sekolah. Namun apakah anda pernah mendengar tentang vaksin kanker serviks?

Kanker serviks merupakan penyakit yang hampir mendominasi penyebab kematian seorang wanita. Tentu saja banyak wanita yang menjadi takut pada penyakit yang menyerang daerah Rahim ini. Upaya pencegahan dilakukan seperti pola hidup sehat dan beberapa diantaranya melakukan vaksin kanker serviks. Yuk cari tahu tentang vaksin ini!

Yang boleh Menerima Vaksin

Beberapa organisasi kesehatan menyarankan untuk mulai melakukan vaksin ini sejak usia 9 atau 10 tahun. Namun Centers for Disease Control and Prevention mengatakan usia untuk vaksin adalah 11 atau 12 tahun. Tak hanya pada anak perempuan, namun vaksin ini juga diberikan pada anak laki-laki.

Respon vaksin terhadap yang masih berusia muda lebih baik dibanding diusia yang lebih tua. Untuk yang berusia 9 sampai 14 tahun diberikan 2 kali dosis yang biasa diberikan pada anak, vaksin ini dilakukan 6 bulan sekali. Sedangkan untuk yang berumur 15 hingga 26 tahun dosin yang diberikan 3 kali dosis untuk anak.

Yang Tidak Boleh Menerima Vaksin

Vaksin ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau yang menderita penyakit tertentu. Anda yang memiliki alergi sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum vaksin kanker serviks.

Efek samping dari vaksin ini berbeda-beda, tergantuk respon tubuh masing-masing. Ada yang tidak merasakan apa-apa setelah vaksin. Ada juga yang mual atau pusing, bahkan hingga pingsan.Anda cukup duduk atau istirahat terlebih dulu kurang lebih 15 menit setelah vaksin untuk menghindari kejadian tersebut.

Apakah yang melakukan vaksin kanker serviks masih berpotensi terkena penyakit yang sama? Tentu saja berpotensi, namun memperkecil resiko terjadinya kanker. Vaksin merupakan upaya pencegahan saja, pola hidup sehat juga perlu dilakukan.

https://lingshenyao.id/kanker-hati/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here