Tips merawat bayi yang mengidap refluks asam lambung

Tips merawat bayi yang mengidap refluks asam lambung

Pada kasus refluks asam lambung ada otot yang terbuka diperut, biasanya otot ini tertutup untuk menjaga makanan. Saat otot ini terbuka di waktu yang salah, menyebabkan susu naik ke atas dan menuj ke kerongkongan. Kejadian ini juga akan menyebabkan bayi merasa sakit dan menjadi rewel. Berikut tips merawat bayi yang mengidap refluks asam lambung :

Posisikan bayi tegak

Setelah memberi makan atau susu pada bayi, sebaiknya posisikan tegak kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan menarik makanan atau susu ke bawah dan mencegahnya naik kekerongkongan. Hindari meposisikan bayi tidur terlentang selepas makan atau menyusu.

Hindari menyusui bayi berlebihan

Memang sulit mengetahui kapan berhenti untuk menyusui bayi Anda. Karna pada bayi pederita refluks asam lambung akan sangat rentan muntah. Ada baiknya anda memberi waktu yang konstan jika menyusui bayi atau memberi jeda. Hal ini bertujuan memberi waktu bayi untuk mencerna dengan perlahan dan mencegah muntah.

Kurangi mengayunkan bayi

Banyak yang mengajak main bayi dengan mengayun-ayunkan bayi. Hal ini boleh dilakukan, tapi hindari mengayun bayi setelah menyusui. Mengayun bayi setelah menyusu akan mempermudah susu yang baru diminumnya kembali keluar. Bayi juga akan merasa tidak nyaman saat perutnya penuh dan anda mengayunnya.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Hindari pakaian yang ketat

Jangan karena pakaian tertentu membuat bayi terlihat lucu tapi tidak memperhatikan kenyamanannya.  Untuk bayi penderita refluks asam lambung, pakaian ketata akan membahayakan apalagi ketika menyusui.  Gunkan pakaian yang longgar pada bayi, agar tidak membatasi lambung untuk mencerna makanan atau susu.

Buat bayi bersendawa setelah menyusu

Membuat bayi bersendawa sepertinya memang sudah menjadi tradisi setelah menyusui. Ternyata hal ini dapat mencegah bayi penderita refluks asam lambung untuk mengeluarkan kembali susu. Anda cukup memposisikan bayi tegak dan menepuk punggung bayi dengan lembut.

https://lingshenyao.id/obat-endometriosis-alami/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here