cara merawat bayi baru lahir di rumah

Menjadi ibu untuk pertama kalinya pasti bingung mengurus bayi, apalagi bayi baru lahir. Banyak hal baru yang harus dilakukan bukan? Akan semakin sulit jika tidak didampingi orang tua, belum lagi jika suami sedang bekerja. Tapi jangan khawatir ! Kami akan beri tips cara merawat bayi baru lahir di rumah, berikut ulasannya :

Memberi Susu Setiap 1-2 jam

Pemberian susu sangat penting diperhatikan. Bayi akan cepat lapar, apalagi diseminggu pertama. Mereka akan menangis setiap merasa lapar, biasanya mereka akan menangis 1 atau 2 jam sekali. Jika bayi anda tertidur saat waktunya memberi susu, maka bangun kan saja.

Bayi baru lahir mengalami gumoh

Istilah gumoh ini ketika bayi mengeluarkan kembali air susu yang sudah diminum. Banyak faktof yang mempenyaruhi kondisi ini. Bisa karena fungsi katup esogagus dan lambung belum sempurna. Bisa jiga karena bayi kekenyangan.

Agar bayi tidak gumoh, anda bisa menggendong bayi dengan posisi tegak setelah menyusui. Bisa dibarengi dengan menepuk lembut punggung bayi sampai bayi berendawa atai selama 30 menit.

Jam tidur bayi baru lahir

Cara merawat bayi baru lahir di rumah selanjutnya, anda harus tahu jam tidur mereka. Bayi baru lahir memang mempunyai jam tidur yang cukup lama yaitu 16 sampai 18 jam/hari. Saat usianya sudah menginjak 6 bulan barulah mereka akan mengikuti jam tidur orang tuanya sedikit demi sedikit.

Pastikan tetap hangat

Anda harus memastikan bayi anda tetap hangat. Karena pada bayi baru lahir, mereka belum bisa mengatur suhu tubuhnya secara efektif. Cara merawat bayi baru lahir di rumah agar tetap hangat anda bisa pakaikan sarung tangan dan topi. Jangan lupa juga ganti bajunya jika basah karena air susu atau keringat.

Kulit yang sensitive

Kulit bayi sangat sensitif apalagi terhadap biang keringat dan ruam popok. Pastikan kulit bayi anda tidak lembab agar bakteri tidak mudah berkembang. Untuk membersihkan bokong bayi setelah BAB atau BAK sebaiknya menggunakan kapas dan air hangat. Tidak disarankan menggunakan tisu basah yang mengandung alcohol ya!

Merawa tali pusatnya

Tali pusat merupakan bagian yang sensitif bagi bayi baru lahir. Anda cukup pastikan tali pusat dalam keadaan bersih dan kering, pastikan daerah sekitarnya juga. Jika ter dapat tanda-tanda infeksi seperti kemerahan, berbau dan bayi rewel bisa konsultasikan dengan bidan anda.

Demikian tips cara merawat bayi baru lahir di rumah, semoga bermanfaat ya moms!

https://lingshenyao.id/infeksi-kantung-kemih/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here