Tips menghindari kanker payudara

Tips Menghindari Kanker Payudara

  • Jaga Berat Badan

Tips menghindari kanker payudara yang pertama adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Wanita dengan obesitas pasca menopause mempunyai resiko kanker payudara lebih besar 20-40%. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengutamakan makanan yang sehat. Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Selain menghindarkan dari kanker payudara tapi juga memelihara kesehatan tubuh.

  • Olahraga

Aktifitas fisik seperti berolahraga secara rutin merupakan tips menghindari kanker payudara yang selanjutnya.  Untuk olahraga ini cukup bersepedah atau berjalan cepat selama 2,5 jam per minggunya.

  • Hentikan merokok dan alkohol

Jika anda seorang perokok sebaiknya mulai sekarang berenti merokok. Bagi perokok memiliki resiko 7 – 13 % lebih besar terkena kanker payudara dibanding yang tidak. Sedangkan untuk yang sring menkonsunsi alcohol beresiko 7 – 12 % beresiko kanker payudara. Selain kanker payudara, merokok dan konsumsi alkohol juga dapat merusak organ tubuh lain seperti paru-paru dan jantung.

  • Menyusui bayi

Bagi anda yang sedang dalam masa menyusui ada baiknya melakukan ASI ekslusif pada bayi. Menyusui bayi secara teratur menurunkan resiko anda terkena kanker payudara hingga 22 % loh ! Menurut beberapa ahli, menyusui bayi berfungsi menyeimbangkan hormon dan mencegah zat pemicu kanker payudara. Selain itu, menyusui bayi juga dipercaya menghindari wanita dari kerusakan sel Payudara.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

  • Hindari Radiasi

Mungkin ada beberapa kondisi yang membuat kita terpapar radiasi yang cukup tinggi, misalnya CT scan. Ada baiknya nada menghindari dari radiasi dan paparan kimia yang memiliki bahaya jangka panjang seperti polusi. Penggunaan computer dan ponsel juga bisa anda minimalisir agar dapat terhindar dari kanker payudara.

  • Lakukan SADARI

SADARI merupakan upaya pemeriksaan secara mandiri untuk mengenali apakah ada perubahan pada payudara atau tidak. Caranya mudah, yaitu dengan meraba payudara dan memeriksa apakan ada tanda-tanda yang tidak normal atau tidak. Hal ini merupakan upaya deteksi dini dari kanker payudara agar dapat ditindak lanjuti sebelum penyakit lebih serius.

https://lingshenyao.id/gejala-endometriosis/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here