terapi keputihan

Keputihan merupkaan hal yang normal dialami wanita. Keputihan merupakan cara ubuh untuk melindungi daerah kewanitaan dari bakteri dan juga menjaga kelembabannya. Namun, jika keputihan sudah berbau tidak sedap dan menimbulkan banyak ketidaknyamanan ada baiknya anda waspada. Untuk melakukan terapi keputihan dapat dilakukan sendiri menggunakan bahan alami.

Banyak bahan alami yang mudah ditemui untuk mengobati keputihan. Berikut beberapa bahan alami yang dapat anda coba terapi keputihan dirumah :

Teh Hijau

terapi keputihan

Teh hijau ternyata tak hanya nikmat diminum bersama beberpa camilan, ternyata bisa dimanfaatkan untuk pengobatan keputihan. Berikut caranya :

– Rendam teh hijau di air hangat  10 menit.
– Lalu taruh  di dalam kulkas 15 menit.
– Bersihkan area kewanitaan, setelah bersih letakkan di area kewanitaan selama beberapa saat.
– Bilas seperti biasa, lalu keringkan.

– Lakukan terapi ini dipagi hari dan sebelum tidur.

 

Jahe

terapi keputihan

Meski jahe lebih dikenal untuk penghangat tubuh atau biasa digunakan untuk jamu, namun bisa juga untuk mengibati keputihan. Berikut caranya :

Bahan :

  •   1 ruas jahe (dimemarkan).
  •   1 gelas air.
  •  Madu secukupnya.

Cara membuatnya :

  •  Bersihkan jahe, lalu rebus dengan 1 gelas air. Biarkan hingga mendidih.
  •   Setelah mendidih, saring air rebusan sambil ditunag pada gelas.
  •   Konsumsi selagi hangat.
  •   Anda bisa tambahkan madu jika tidak kuat dengan rasa pedas jahe. Konsumsi rebuskan jahe ini 2 kali sehari.

Buah-Buahan

terapi keputihan

Buah-buahan memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis buah juga dapat membantu penyembuhan ketika terapi keputihan. Berikut jenis buah yang disarankan

Pisang

Pisang biasanya dijadikan salah satu menu favorit para pelaku program diet. Namun, buah yang banyak disukai anak-anak ini dapat membantu penyembuhan keputihan. Menkonsumsi 1 buah pisang tiap hari sudah dapat mencegah keputihan. Anda juga mengolahnya menjadi smoothie yang menyegarkan dengan menambahkan buah lain seperti strawberry, susu atau yogurt.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Delima

Buah delima tak sering dijual dipasaran karena termasuk  buah musiman. Namun manfaatnya dalam membantu mengobati keputihan tak diragukan lagi. Selain buah delima, daun dari bauh ini juga dapat mengobati keputihan. Caranya siapkan 20 lembar yang sudah dibersihkan, lalu giling dengan tambahan merica. Setelah itu tambahkan air hangat dan konsumsi 1 kali sehari.

Jambu Kelutuk

Sama seperti buah delima selain buahnya, daun dari buah satu ini pun bisa menobati keputihan. Siapkan 5 lembar daun jambu yang sudah dibersihkan. Lalu rebus degan 1 gelas air hingga berubah warna. Gunakan air rebusan daun jambu untuk membersihkan daerah kewanitan.Bersihkan sebelum tidur dan ketika bangun tidur.

Selama terapi keputihan ini juga perlu diperhatikan beberapa hal, sebagai berikut :

  • Keringkan daerah kewanitaan jika sudah buang air.
  • Segera ganti celana dalam jika terasa basah atau lembab.
  • Hindari menggunakan celana yang ketat.
  • Berbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-mayur.

.https://lingshenyao.id/ciri-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here