tanda-tanda kanker serviks

Kanker serviks merupaka sel abnormal yang tumbuh tidak terkontrol didalam serviks maupun leher rahim. Penyebabnya bisa karena terinfeksi human papillomavirus (HPV), pada awalnya seorang wanita tidak langsung dikatakan terkena kanker serviks. Namun sistem kekebalan tubuh akan berusaha untuk melawan virus HPV terlebih dahulu. Sebelum berkembang menjadi kanker serviks yang lebih parah, ada baiknya kita mengetahui tanda-tanda kanker serviks sedari dini. Berikut tanda-tanda kanker serviks :

Keluarnya darah dari vagina

Tanda-tanda kanker serviks ini memang terbilang umum. Keluarnya darah dari vagina ini biasanya secara tiba-tiba keluar atau sekedar bercak darar. Darah yang keluar terjadi diluar masa haid.  Keluarnya darah biasanya terjadi setelah berhubungan seksual. atau ketika haid, darah yang keluar lebih banyak dari biasanya. 2 tanda itu muncul di stadium awal kanker serviks.

Sakit pada area panggul

Nyeri daerah panggul saat haid merupakan hal yang biasa bagi seorang wanita. Namun jika nyeri dipanggul ini terjadi saat anda berhubungan intim, patut diwaspadai. Rasa nyeri di daerah panggul jangan anggap remeh, bisa jadi nyeri tersebut merupakan tanda-tanda kanker serviks pada stadium awal.

Keputihan tidak normal

Keputihan merupakan hal yang biasa terjadi, namun anda harus waspada jika keputahan tersebut tidak normal. JIka warnanya tidak biasa, baunya menyengat, sebaiknya anda waspada, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda kanker serviks.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Perubahan jadwal BAB

Banyak dari kita yang tidak memperhatikan jadwal BAB bukan? Tapi hal ini dapat menjadi tanda-tanda kanker serviks. Meski banyak penyebab sulit BAB, namun jika dibarengi dengan ciri-ciri seperti diatas sebaiknya anda waspada. Hal ini karena kanker yang sudah cukup besar bisa menekan usus, sehingga mengganggu proses pencernaan.

Lelah yang berlebihan

Tanda-tanda kanker serviks yang satu ini mungkin banyak dialami setiap orang, apalagi setelah bekerja. Namun pada penderita kanker serviks, hal ini terjadi karena sel kanker yang mengambil energi penderita. Cobalah beristirahat dari aktifitas, jika rasa lelah anda tidak hilang sebaiknya anda konsultasikan pada dokter.

https://lingshenyao.id/obat-endometriosis-alami/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here