Kista merupakan penyakit sering kali dikaitkan dengan seorang wanita, karena kebanyakan kista meyerang rahim. Namun, sebetulnya kista tak hanya tumbuh pada rahim, kitsa juga bisa tumbuh pada bagian tubuh lain. Misalnya  lutut, ginjal usus, pancreas daerah kepala hingga mulut. Selain melakukan pengobatan dan menjaga pola makan, olahraga juga dapat membantu proses penyembuhan kista. Jenis olahraga apa yang cocok untuk penderita kista? Apakah efetif senam untuk mengecilkan kista? Berikut penjelasannya.

Pada jenis kista tertentu dapat mengecil dengan sendirinya, misalnya kista ovarium fungsional yang terjadi pada wanita. Kista fungsional muncul ketika haid berlangsung dan dapat menghilang dengan sendirinya. Sedangkan kista yang patologis, perlu ditangani lebih lanjut karena terbentuk dari adanya sel abnormal.

Penyakit kista ada 2 jenis, yaitu kista patologis dan kista fungsional. Kista fungsional muncul ketika seorang wanita haid dan bisa menghilang dengan sendirinya. Sedangkan untuk kista patologis, merupakan benjolan yang terbentuk karena tumbuhnya sel abnormal yang tumbuh tidak terkendali. Kista patologis juga lah yang dapat tumbuh pada bagian tubuh lain.

Pada penderita penyakit tertentu pastinya ada pantangan makanan yang perlu dihindari, juga kegiatan olahraga yang disarankan. Sama halnya dengan seseorang yang menderita kista. Namun, kegiatan olahraga yang dilakukan juga tidak semua jenis olahraga. Senam dengan gerakan yang ringan dapat membantu melcarkan peredaran darah.

Senam& Olahraga Untuk Mengecilkan Kista

Namun selain senam olahraga apalagi yang baik untuk kista? Berikut beberapa jenis olahraga untuk penderita kista :

Bersepeda

Selain senam untuk mengecilkan kista, ternyata bersepeda juga baik untuk penerita kista. Bersepeda dapat dilakukan didalam atau diluar ruangan. Jika anda mempunyai jadwal yang sibuk, anda dapat melakukan bersepeda dirumah menggunakan roller trainer. Namun, jika ada waktu luang sebaiknya lakukan diluar rumah sambil menihat pemandangan dan mendapat udara segar.

Olahraga yang satu ini sangat cocok degan penderita kista rahim. Karena dalam gerakan bersepeda menimbulkan tekanan berulah pada perut bagian bawah karena dorongan kaki. Gerakan berulangan inilah yang dapat meredakan nyeri ketika kista meradang. Bersepeda cukup dilakukan 20 menit saja, 3 hingga  kali seminggu.

Berenang

Berenang merupakan salah satu salah satu olahraga yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Tak hanya menyenangkan, berenang juga dapat membantu menghilangkan kista. Ketika melakukan gerakan berenang, hampir semua bagian tubuh bergerak sehingga melatih semua bagian tubuh. Berenang dapat anda lakukan 2 kali seminggu, dengan waktu latihan selama 30 menit untuk membantu kista hilang dengan olahraga.

Jika terdapat kolam air hangat, ada baiknya anda berendam terlebih dulu sebelum melakukan bilas mandi. Berendam air hangat ini dapat merileksan otot setelah berenang dan meredakan nyeri.

Yoga

senam untuk mengecilkan kista dengan yoga

Olahraga yoga bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan menonton vidio atau berlatih langsung dengan trainer. Yoga dikenal sebagai olahraga yang menenangkan dengan gerakan unik yang baik untuk peredaran tubuh. Meski gerakan yang dilakukan ketika yoga tidak se-energik gerakan olahraga lain, namun dapat membakar banyak kalori. Lakukan olahraga yoga 2 kali seminggu.

Selain menyehatkan tubuh, yoga juga dapat menenangkan pikiran. Stress pada penderita kista dapat memperbesar kista dengan sendirinya meski sudah menjaga pola makan dan olahraga. Maka berpikit positif, pikiran yang tenang dan mengelola stress dengan baik akan sangat membantu.

Jenis-jenis olahraga diatas dapat menjadi pilihan untuk anda penderita kista. Namun, untuk membantu kista hilang dengan olahraga tidak disakankan untuk semua pasien. Karena untuk ukuran kista yang cukup besar justru dapat membahayakan. Sehingga butuh konsultasi dokter sebelum memutukan untuk melakukan olahraga.

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here