penyebab sembelit pada anak

Susah buang air besar pastinya sangat mengganggu bukan? Selain buang air menjadi nyeri, perut pun kemung dan tidak terasa enak. Sembelit bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Anak usia dibawah 5 tahun biasanya lebih sering terkena sembelit. Anak akan menjadi rewel karena perasaan yang tidak nyaman. Berikut penyebab sembelit pada anak :

  1. Kurangannya asupan cairan pada anak

Biasakan membawa botol minum jika sedang berpergian, agar anak tidak minum minuman selain air mineral. Anak biasanya memiloh minuman yang kurang menyehatkan baginya jika tidak tersedia minuman.

Anak yang menkonsumsi susu formula juga menjadi penyebab sembelit pada anak. Kondisi ini terjadi biasanya karena pencernaan anak sulit untuk mencerna protein dari susu formula.

  1. Kurangnya asupan serat pada anak

Anak memang sulit menkonsumsi buah-buahan dan sayur, padahal keduanya merupakan sumber serat alami. Penyebab sembelit pada anak kebanyakan, karena anak enggan menkonsumi buah dan sayur. Anda harus sedikit kreatif dalam memberikan sayuran pada anak agar asupan seratnya terpenuhi. Anda juga bisa memilih buah-buahan yang mengandung banyak serat dan rasanya disukai oleh anak. Buah tak harus selalu dikonsumsi langsung, anda bisa membuatnya menjadi jus atau smooties anak lebih tertarik. Memberikan jelly atau agar-agar juga bagus untuk pencernaannya.

  1. Anak kurang bergerak

Anak yang kurang bergerak juga menjadi salah satu penyebab sembelit pada anak. Anda bisa mengerak-gerakan kaki anak seperti gerakan menggayuh sepeda. Hal ini dilakukan agar otot-otot perut bagian bawah anak terangsang.

Jika ketiga hak diatas telah anda lakukan namun anak masih mengeluh kesulitan buang air besar. Sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter, bisa jadi penyebab sembelit pada anak datang dari faktor lain. Hindari penggunaan obat pelancar buang air besar pada anak tanpa resep dari dokter.

Demikian ulasan penyebab sembelit pada anak, semoga bermanfaat.

https://lingshenyao.id/penyakit-ambeien/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here