resep kue sus

Kabarwanita.id – Begitu banyaknya makanan yang tersedia di Indonesia contohna kue sus.  Kue sus adalah kue yang berbentuk bundar dengan rongga yang berisi, bisa isi fla atau daging atau yang lainnya.

Saat ini kue sus sangat beragam sekali, rasa dan bentuk dari setiap pembuatnya pasti berbeda-beda. Namun bagi anda yang ingin belajar tentang bagaimana cara membuat kue sus ini, kabar wanita akan membei tipsnya.

Tenang saja, ini dasar nya kok pasti sangat mudah. Ini dia resep kue sus kering dan basah :

1. Kue Sus Kering

Kue sus kering biasanya dinikmati orang sebagai camilan untuk menemani waktu luangnya, rasa gurih dan kerenyahannya membuat orang ketagihan untuk mencobanya kembali.

Siapkan bahan : keju parut 120gr, mentega 100gr, tepung 125gr, baking pwder 1 sdt, 3 butir telur dan 250 ml air.

Cara membuatnya :

  1. Masukan air kedalam panci dan masukan mentega. Diamkan sampai mentega larut dan air sampai airnya mendidih.
  2. Masukan tepung terigu, dan aduk hingga merata. Usahakan gunakan api yang kecil.
  3. Setelah merata, tuangkan kedalam wadah dan tunggu sampai bahan agak hangat.
  4. masukan telur, keju dan baking powder, kemudian mixer sampai semua adonan merata.

cetakanGambar cetakan kue sus

Nah pada langkah ke 4 adonan sudah jadi dan siap dicetak. Cetaklah mengguanakan alatnya dan letakan pada loyang, lalu masukan ke oven untu di panggang. Cara mengetahui kue sudah matang, yaitu dilihat dari buih pada permukaan kue harus dipastikan bena-benar menghilang.

 

Tips tambahan : Untuk menghasilkan kue yang renyah panggang lah kue selama kurang lebih 1 jam, simpan di rak bawah 20 menit dan 40 menit di rak atas oven. Jika sudah makan diamkan dulu sampai mengeas baru dimasukan ke wadah atau toples.

https://lingshenyao.id/makanan-penyebab-kista/

2. Kue Sus Basah

Untuk anda yang tidak suka kue sus kering, bisa juga membuat kue sus basah yang bisa anda padukan dengan vla.

 

Siapkan Bahan : 125gr tepung dan margarin, 300 ml susu, 75gr gula pasir, 1 sdm mentega, 2 sdm tepung terigu, 4sdm tepung maizena, 4 butir telur, 2 kuning telur, 1/2 sdt garam halus, 1/4 (vla, baking powder, pasta vanili) dan 250 ml air.

Cara Membuatnya : 

  1. Cara yang pertama adalah membuat vla nya terlebih dahulu

Buatlah sesuai rasa yang anda suka, petama masukan tepung terigu, tepung maizena, garam, susu cair, dan gula kedalam wadah dan aduk sampai rata. Masak campuran bahan tesebut sampai mendidih , kental dan matang, dan diamkan sebentar. Setelah bahan dirasa sudah hangat, tambahkan mentega, vanili, dan kuning telur, kemudian aduk lagi sampai merata dan vla sudah siap digunakan.

2. Sekarang tinggal membuat kue sus basahnya

  • Tuangkan air ke dalam panci dan tambahkan mentega kemudian rebus sampai mendidih. Tambahkan tepung terigu secara perlahan sembari diaduk sampai membentuk adonan yang kental, dan merata. Setelah itu angkat dan diamkan sampai hangat, kemudian masukkan lagi baking powder dan telur sambil diaduk hingga merata.
  • masukan adonan sus pada sebuah plastik segitiga yang pada ujungnya sudah diisi dengan spluit bintang dan beri lubang kecil pada ujung plastik. Semprotkan adonan ke astas loyang yang sudah diolesi dengan margarin.
  • masukan pda oven dan panggang dengan suhu 200 derajat Celcius sampai kue berwarna kecokelatan, dan mengembang.
  • Pada tahap belah bagian tengah kue sus, dan isi dengan vla
  • sudah kue siap dihidangkan

Baca Juga : Resep camilan singkong

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here