Radang Usus Bisa Ganggu Kesuburan

Radang usus atau dalam bahasa medis dinamakan inflammatory bowel disease (IBD) terjadi karena adanya luka pada bagian usus. Anda yang mengalami radang usus pasti pernah mendengar jika radang usus dapat mempengaruhi kesuburan. Benarkah radang usus bisa ganggu kesuburan ? mari kita simak ulasannya.

Sebetulnya anda tidak perlu khawatir akan suburban anda jika menderita radang usus. Faktanya sekitar 25% wanita yang menderita radang usu masih bisa hamil dengan normal. Meski begitu, Anda harus sering-sering berkonsultasi pada dokter dokter jika akan melakukan program hamil. Hal ini dilakuakan agar dapat mempersiapkan kandungan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada studi yang menyatakan jika wanita hamil dengan radang usus beresiko melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah. Yaitu 2500 gram atau dibawah 2500 gram, hingga kelahiran prematur. Selain itu, 33% wanita hamil dengan radang usus akan lebih sering kambuh saat kehamilan di trimester pertama.

Jika anda menderita radang usus, namun ingin hamil ada baiknya konsultasikan dengan dokter. Selain itu juga ada beberapa yang harus anda perhatikan, Berikut yang perlu anda perhatikan :

  • Konsumsi suplemen asam folat sebelum hamil untuk mempersiapkan dan juga mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.
  • Berhentilah merokok.
obat herbal kista coklat
Obat Kista Herbal
  • Mengurangi konsumsi kafein. Sebisa mungkin kurang dari 250 miligram per harinya.
  • Sebelum memutuskan untuk hamil sebaiknya anda tes darah terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui apakah ada penyakit rubella, cacar air, hepatitis B hingga HIV.
  • Atur pola makan sehat anda.

Setelah ulasan atas, pertanyaan tentang benarkah radang usus bisa ganggu kesuburan sudah tidak mengganggu anda lagi bukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here