pernikahan dalam islam

Tujuan Pernikahan Dalam Islam

Mempunyai keluarga yang yang bahagia merupakan impian semua orang, namun pernikahan bukanlah perkara yang mudah. Anda harus benar-benar siap untuk menghadapi semua rintangan yang akan datang setelah pernikahan. Pernikahan dalam islam sendiri merupakan hal yang sakral, bahkan disebut penyempura iman.

Bagi seorang istri yang sudah menikah, suami merupakan ladang amal baginya. Maka dari itu, pernihakan dalam islam mempunyai makna yang sangat besar. Banyak orang yang menikah karna tujuan tertentu. Berikut tujuan pernikahan dalam islam yang harus anda ketahui :

Menghindari Perbuatan Maksiat

Perbuatan maksiat akan sagat rentan terjadi jika seorang laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya berada ditempat yang sepi. Hawa nafsu bisa saja menghasut mereka. Demi terhindar dari perbuatan yang tidak seharusnya, menikah merupakan salah satu solusi menghindari maksiat.

Penyempurna Agama

Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman Berkata “ apabila seorang hamba menikah maka telah sempurnalah agamanya. “

Dari sini kita dapat tarik kesimpulan bahwa menikah merupakan penyempurna agama bagi setiap muslim. Banyak pahala-pahala yang kita dapat setelah menikah.

Memiliki Keturunaan

Memiliki seorang anak merupakan hadiah terbeser seorang orangtua. Namun tidak semua orang juga diberikan keturunan olah Alllah SWT. Maka bagi yang dikaruniai keturunan bersyukurlah telah diberikan amanah oleh yang maha kuasa. Seorang anak yang sholeh merupakan tabungan amal bagi orang tuanya. Doa anak yang sholeh merupakan amal jariyah bagi kedua orangtuanya.

Saling Berbagi

Tujuan pernikahan dalam islam yang berikutnya yaitu untuk saling memberi satu sama lain.  Tak hanya berbagi kebahagiaan, tapi berbagi kesusahan juga harus ditempuh jika sudah menikah. Saling memberikan rasa aman dan nyaman juga menjadi kunci penting dalam pernikahan.

Sebagai Syari’at Agama

Tujuan utama pernikahan dalam islam sebagai syari’at islam. Dalam menjalani pernikahan tentunya harus sesuai dengan syari’at islam. Bagaimana peran seoran suami dan istri, bagaimana menjadi panutan seorang ayah dan ibu. Kedua peran ini harus diperhatikan untuk mejadikan sebuah pernikahan menjadi sebuah ibadah.

https://lingshenyao.id/kanker-bisa-sembuh-total/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here