Perjalanan Musik Iwan Fals

perjalanan musik iwan fals

Jika mendengar nama Virgiawan Listanto pasti tidak banyak orang yang mengetahuinya. Lain jika mendengar nama Iwan Fals bukan? Virigiawan Listanto merupakan nama asli dari sang musisi legendaris Iwan Fals. Lagu- lagu yang diciptakannya yang sering menjadi hits merupakan bukti kesuksesan perjalanan musik iwan fals.

Iwan Fals kecil memang sudah akrab dengan musik. Beliau sudah biasa tampil bermusik sejak SMP. Iwan mengawali karirnya dari acara-acara kecil seperti acara sunatan, nikahan dan hajat-hajat kecil. Informasi akan adanya acara-acara kecil tersebut dibantu oleh kawannya bernama Engkus. Engkus yang saat itu bekerja dimotor bengkel menjadi sakasi perjalanan musik iwan fals.

Lirik lagu yang lucu, sindiran, dan denkat dengan kehidupan sehari-hari membuat lagunya terkenal. Ketika Iwan bernyayi di Radio 8, dari situlah mulai di lirik oleh Bambang Bule untuk melakukan rekaman.

Meski sudah rekaman, karir Iwan belum bersinar. Karena pada saat itu dia tergabung dalan suatu band bernama Amburadul. Karena rekaman pertamanya kurang diminati akhirnya ia memutuskan untuk kembali mengisi acara-acara kecil saja.

Namun di tahun 1985 dengan album Sarjana Muda iwan sukses menarik perhatian masyarakat. Dan mulai mendapat banyak tawaran untuk bernyayi. Lagunya yang berjudul Oemar Bakrie juga pernah ditanyangkan di TVRI di tahun 1987.

Namun karir Iwan sempat tersendat pada masa orde baru. Karena banyak dari lagu-lagu Iwan yang isinya mengkritik pemerintah. Bahkan tur konser yang direncanakan Iwan Fals dan kru terpaksa batal karena tidak mendapat izin dari pihak keamanan. Padahal saat itu persiapan konser sudah matang dan Iwan sudah sampai lokasi konser. Lagu dari Iwan Fals dianggap membangkitkan sifat anarki pada anak muda untuk menentang pemerintah.

Lagu yang jujur dan kritis menjadi ciri khas tersendiri musisi segudang ide ini. Tak hanya lagunya yang dikagumi, namun gaya dari Iwan Fals juga menjadi role model pada masanya. Dengan ikat kepala yang khas dan rambut gondong menjadi popular saat itu.

https://lingshenyao.id/penyakit-ambeien/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here