Perbedaan mual maag dan hamil

Perbedaan mual maag dan hamil

Penyebab

Perbedaan mual maag dan hamil yang pertama yaitu dari penyebabnya. Mual yang terjadi di awal masa kehamilan, disebabkan pengaruh hormonal. Pada saat hamil, hormone yang diproduksi dalam tubuh wanita berbeda saat tidak hamil, hal ini lah yang mempengaruhi mual. Sedangkan pada maag, diakibatkan asam lambung yang naik. Bisa dikarenakan makanan yang dikonsumsi atau perut kosong dan gas yang ada dalam lambung.

Jadi mual saat hamil biasanya tidak dipengaruhi telat makannya seorang wanita hamil, lebih kepada perubahan hormon. Selain pengaruh hormon, perbedaan mual maag dan hamil juga ada faktor lain yaitu aroma. Wanita hamil biasanya lebih sensitif terhadap aroma. Wewangian yang menyengat seperti bau makanan dan asap rokok, bisa membuatnya mual. Maka kebanyakan wanita hamil akan menurun selera makannya jika aroma makanannya kuat.

Durasi

Perbedaan mual maag dan hamil yang ke dua adalah lamanya durasi mual. Pada penderita sakit maag, mual yang ditimbulkan tidak terjadi terus menerus. Saat obat maag sudah bereaksi makan mual berangsur-angsung akan hilang. Sedangkan pada wanita hamil, obat yang diberikan akan berbeda, tergantung pada berlebihan atau tidak mual yang ditimbulkan. Jika mual yang terjadi hanya dipagi hari/ morning sickness masih digolongkan normal. Tapi jika mual muntah sudah berlebihan atau biasa disebut hyperemesis maka perlu tindakan lebih lanjut, karena dapat membahayakan kehamilan.

Perbedaan ini jangan sampai tertukar ya ! Namun hati-hati bagi wanita hamil yang sebelumnya sering terserang maag. Hal ini akan menurunkan nafsu makan dan mempengaruhi asupan nutrisi pada janin jika semakin parah.

https://lingshenyao.id/pengobatan-endometriosis/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here