Perawatan bayi baru lahir normal

Menjadi seorang ibu tentu tidak mudah, apalagi dalam perawatan bayi baru lahir. Bayi baru lahir masih tentang terhadap segala sesuatu, jadi perlu perhatian lebih dalam merawatnya. Berikut perawatan bayi baru lahir :

Memberi ASI Setiap 1-2 jam

Pemberian ASI sangat penting dalam perawatan bayi baru lahir. Bayi memang cepat lapar, apalagi seminggu pertama kelahirannya. Bayi akan menangis setiap kali mereka merasa lapar, dan biasanya menangis  di 1 atau 2 jam sekali. Jika bayi anda masih tidur pada waktunya menyusu, anda boleh membangunkannya untuk menyusu.

Bayi baru lahir gumoh

Istilah gumoh ini ketika keluarnya air susu yang sudah diminum bayi atau muntah. Hal ini bisa karena fungsi katup esogagus dan lambung yang belum sempurna. Bisa juga karena bayi kekenyangan ASI. Untuk menghindari bayi dari gumoh,  gendonglah bayi dalam posisi tegak setelah menyusui. Bisa juga dibarengi dengan menepuk lembut bagian punggung bayi hingga berendawa.

Jam tidur bayi baru lahir

Perawatan bayi baru lahir yang berikutnya adalah dengan memperhatikan jam tidurnya. Bayi baru lahir mempunyai jam tidur yang cukup lama, bisa 16 sampai 18 jam dalam sehari. Saat menginjak 6 bulan mereka biasanya mengikuti jam tidur orang tuanya.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami-tanpa-operasi/

Pastikan tetap hangat

Anda harus memastikan bayi anda tetap hangat, karena bayi baru lahir  belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Perawatan bayi baru lahir yang satu ini bisa dengan pakaikan sarung tangan dan topi. Gantilah baju bayi jika basah.

Kulit yang sensitive

Kulit bayi masih sangat sensitif jadi, pastikan kulit bayi tidak lembab. Kondisi lembab dapat memudahlan bakteri brkembang, inilah yang menyebabkan ruam. Setelah buang air kecil atau BAB bersihkanlah bokong bayi dengan kapas dan air hangat saja. Tidak disarankan membersihkannya dengan tisu basah yang ada kandungan alcoholnya!

Merawa tali pusatnya

Untuk perawatan tali pusat sebetulnya mudah, cukup pastikan tali pusat dalam keadaan kering dan besih. Jika terlihat tanda infeksi seperti tali pusat kebiruan, bernanah, bau dan bayi rewe, sebaiknya segera bawa ke dokter.

https://lingshenyao.id/pengobatan-endometriosis/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here