penyebab pusing saat hamil

Penyebab Pusing Saat Hamil

Anemia

Kebanyakan wanita hamil mengalami anemia, kondisi ini disebabkan karena adanya pengeceran darah saat kehamilan. Anemia menjadi salah satu penyebab pusing saat hamil. Maka dari itu setiap wanita hamil melakukan kontrol, bidan atau dokter selalu memberikan zat besi untuk mencegah anemia. Jika terjadi saat anemia yaitu sel darah merah menjadi lebih sedikit membawa oksige ke otak. Karenanya akan membuat seseorang merasa pusing.

Dehidrasi

Asupan cairan pada wanita hamil harus diperhatikan. Karena saat ini dirinya harus mencukupi cairan untuk janin dan untuk dirinya sendiri. Selain itu perubahan hormon juga membuat wanita hamil lebih banyak mengeluarkan keringat, sehingga mudah dehindrasi. Dehidrasi juga merupakan penyebab pusing saat hamil. Sebaiknya wanita hamin mencukupin asupan cairannya dengan 10 gelas/harinya untuk menghindari dehidrasi..

Berdiri terlalu lama

Saat hamil dianjurkan untuk berjalan apalagi menjalang persalinan, namun perhatikan juga durasinya berdiri. Salah satu penyebab pusing saat hamil ini dikarenakan jika terlalu lama berdiri darah banyak berkumpul di kaki. Setelah berdiri cukup lama sebaiknya wanita hamil menggerak-gerakan kakinya agar tidak keram. Setelah itu berbaring dengan kaki sedikit lebih tinggi, untuk mengembalikan sirkulasi darahnya.

Berbaring terlalu lama

Berisitrahat memang dianjurkan pada wanita hamil, tapi tidak selalu beristirahat dengan berbaring ya. Terlalu banyak barbaring dapat mentyebabkan pusing loh! kondisi ini dikarenakan pembuluh darah yang ada dibelakang rahim akan terjepit. Karenanya darah yang balik dari kaki dan panggul yang menuju jantung tidak lancar. Jika ingin berbaring sesekali posisikan miring kiri, posisi ini dapat meningkatkan sirkulasi darah menuju jantung dan otak.

Perubahan hormone

Penyebab pusing saat hamil juga sangat dipengarui oleh adanya perubahan hormon. Saat hamil banyak perubahan yang terjadi, mulai dari pola makan, ukuran tubuh dan juga hormone. Hormone pada wanita hamil akan membuat pembuluh darah melebar. Kondisi ini untuk meningkatkan sirkulasi darah ke janin. Akibatnya suplai darah yang membawa oksigen ke otak anda berkurang. Jika terjadi pusing yang tidak tertahankan sebaiknya, konsultasikan pada dokter anda.

https://lingshenyao.id/miom-dan-kista-ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here