penyebab menopause

Monopause merupakan siklus yang pasti dialami setiap wanita. Ketika memasuki menopause terjadi perubahan-perubahan yang dirasakan seorang wanita. Ciri umumnya seperti emosi yang tidak stabil, sulit tidur, sering berkeringat dimalam hari dan berkurangnya haid yang keluar. Masa-masa ini akan diakhiri dengan berhentinya menstrusi secara total. Yang artinya seorang wanita sudah tidak bisa lagi hamil. Apa yang mengakibatkan terjadinya menopause pada wanita? Berikut ulasan penyebab monopause.

Seorang wanita memiliki sel telur dengan jumlah terbatas yang tersimpan di dalam indung telur atau disebut ovarium. Ovarium ini juga membentuk hormon estrogen dan progesterone. Yang dimana kedua hormone ini berfungsi mengatur menstruasi dan juga pembuahan atau disebut ovulasi. Ketika menopause, ovarium tidak lagi melepas sel telur tiap bulannya dan menstruasi pun berhenti.

Menopause merupakan kejadian normal dari proses penuaan kebanyakan terjadi diatas usia 40 tahun. Tetapi pada beberapa kasus juga wanita yang mengalami menopause dini karena beberapa faktor. Monopause dini bisa terjadi karena beberapa faktor, berikut contohnya :

  • Operasi

Operasi didaerah rahim seperti histerektomi, biasanya mempengaruhi seorang wanita mengalami menopause dini. Karena ada beberapa fungsi dari ovarium yang terganggu karena operasi.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

  • Kerusakan di indung telur

Kerusakan pada ovarium biasanya diakibatkan karena kemoterapi. Zat-zat yang digunakan saat kemoterapi memang terkenal keras sehingga mempengaruhi fungsi organ lain. Termasuk organ reproduksi yaitu induk telur atau ovarium.

  • Haid pertama terlambat

Usia wanita saat mendapatkan haid pertama dipercaya mempengaruhi penyebab monopause. Beberapa ahli mengatakan jika wanita yang haidnya terlambat maka beresiko mengalami monopause dini.

https://lingshenyao.id/obat-kista-tanpa-operasi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here