Selain pada lidah, bercak putih juga sering ditemukan pada langit-langit mulut dan gusi. Berikut penyebab lidah putih pada bayi

Mungkin anda sering mendapati bercak putih di lidah bayi setelah menyusu dan itu adalah hal biasa. Namun pernahkah anda memperhatikan bercak putih tersebut tak kunjung hilang? Jika tersebut terjadi sebaiknya anda waspada. Selain pada lidah, bercak putih juga sering ditemukan pada langit-langit mulut dan gusi. Berikut penyebab lidah putih pada bayi :

Jamur

Akibat paling umum adalah karena Candida albicans. Jamur ini memang hidup di mulut dan cenderung tidak berbahaya. Namun jika jumlahnya bertambah, dapat menimbulkan infeksi. Meningkatnya jamur tersebut terjadi karena:

Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang masih lemah penyebab lidah putih pada bayi mudah berkembang biak. Selain karena jamur, bayi juga cenderung rentan infeksi atau iritasi pada saluran cerna. Hal ini juga menyebabkan lidah tampak putih.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Kebersihan mulut

Rongga mulut bayi sering kali luput dari kebersihan, termasuk bagian lidah. Banyak yang berfikir karena bayi belum tumbuh gigi jadi kebersihan mulut tidak terlalu diperhatikan. Padahal kebersihan mulut bayi tetap harus terjaga agar tidak terjadi infeksi jamur.

Anda bisa membersihkan mulut bayi dengan kasa streil dan air hangat untuk membersihkan bagian mulut. Gosok bagian lidah, gusi, dan pipi bagian dalam dengan lembut. Lakukan pembersihan mulut bayi setelah atau sebelum dimandikan dipagi hari, jika perlu lakukan juga pada sore harinya. Namun jika bercak putih masih ada padahal anda sudah membersihkannya tiap hari, segeralah baya ke bidan atau dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

https://lingshenyao.id/obat-kista-coklat/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here