penyebab gerd pada ibu hamil

GERD kambuh saat hamil tentunya sangat merepotkan. Ketika hamil, seorang wanita pasti banyak ingin makan ini dan itu. Namun jika tidak di kontrol beberapa makanan bisa menjadi penyebab GERD pada ibu hamil. Berikut makanan yang harus anda hindari saat hamil jika tak ingin asam lambung anda naik :

Makanan yang digoreng

Dalam makanan yang digoreng, mengandung lemak yang bisa menyebabkan refluks asam lambung naik. Salah satu penyebab asam lambung tinggi yang satu ini sedikit sulit dihindari, karena kebanyakan orang gemar menjadikan gorengan sebagai camilan. Sebaiknya mulai sekarang dikurangi, apalagi bagi anda pederita sakit maag. Tidak hanya lemak pada gorengan, lemak pada daging dan produk susu terterntu juga bisa menjadi faktor pemicu jika konsumsi berlebihan.

Buah yang rasanya masam

Buah yang memiliki rasa masam memang segar, apalagi jika dijadikan jus atau minuman dingin. Tapi jangan salah, buah yang mempunyai rasa masam ini memicu asam lambung naik juga loh ! misalnya jeruk yang asam dan juga olahannya. Apalagi jika anda menkonsumsinya saat keadaan perut kosong, hal ini dapat menimbulkan sensasi panas dan terbakar pada lambung.

Makanan pedas

Bagi kebanyakan orang, tak lengkap rasanya jika makan tanpa tambahan rasa pedas. Namun hati-hati, makanan yang mempunyai rasa pedas juga dapat memicu asam lambung naik. Hindari atau anda bisa mengurangi makanan pedas untuk meminimalisir asam lambung naik. Pada keadaan lambung yang kurang baik dan ditambah makanan pedas, akan menimbulkan sensasi terbakar pada lambung hingga ke dada.

Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat? Sepertinya hampir semua manusia di dunia menyukai makanan yang satu ini ya ! Tapi sayang, bagi anda yang mempunyai masalah lambung, sepertinya harus mengurangi makanan yang satu ini ya. Cokelat mengandung theobromine dan kafein, kandungan inilah yang menjadi penyebab asam lambung tinggi.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Sebaiknya anda hindari makanan yang menjadi penyebab GERD pada ibu hamil tersebut. Namun jika terlanjur kambuh, untuk mengatasinya sebagai pertolongan pertama cobalah lakukan hal ini :

  1. Cara mengatasi maag saat hamil yang pertama yaitu dengan menghindari kondisi perut dalam keadaan kosong. Mengatur jadwal makan dengan makan sedikit namun sering. Anda bisa menjadi kan biskuit sebagai camilan di 2 jam sekali atau disela-sela jam makan.
  2. Mengunyah makanan dengan baik dan lembut. Hal ini akan membantu proses pencernaan dan kerja enzim dimulut. Sehingga lambung tidak bekerja lebih berat jika keadaan makanan sudah dikunyah dengan baik.
  3. Mengurangi makanan dan minuman yang pedas dan asam. Cara mengatasi maag saat hamil yang satu ini mungkin menjadi tantangan berat, apalagi jika anda sedang mengidam ya. Selain makanan pedas dan asam, makanan yang mengandung gas karbondioksida, lemak, dan berminyak juga perlu anda hindari. Makanan-makanan tersebut akan memicu asam lambung naik.
  4. Hindari stress tak hanya baik untuk perkembangan janin, tapi juga menghindari maag kambuh. Karena saat stressterjadi perubahan hormonal di dalam tubuh dan memicu memproduksi asam berlebihan.
  5. Selanjutnya yaitu dengan menghindari tidur setelah makan. Karena berbaring setelah makan dalam keadaan lambung penuh membuat asam lambung mudah terdorong ke kerongkongan.

https://lingshenyao.id/makanan-penyebab-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here