penyebab bau mulut pada anak

Bau mulut atau  dalam bahasa medis disebut halitosis. Kondisi ini terjadi karena adanya masalah kesehatan mulut yang terjadi tak hanya pada orang dewasa. Kebanyakan bau mulut biasanya diakibtkan bakteri yang menumpuk dirongga mulut karena anak malas gosok gigi. Berikut penyebab bau mulut pada anak :

  • Penyakit tertentu

Penyakit tertentu bisa membuat anak mengalami bau mulut, misalnya infeksi sinus kronik. Infeksi sinus kronik kondisi saat cairan di sinus terkumpul lalu kembali menuju kerongkongan dan juga belakang lidah. Akibatnya, cairan tersebut menjadi makanan bakteri mulut. Dari sisa-sisa metabolismelah bakteri menghasilkan gas yang memiliki bau tidak sedap. Infeksi ini bditandai dengan anak sering batuk dan pilek, lendir di hidung berwarna kehijauan, dan anak mudah lelah. Penyakit lainnya yaitu radang amandel, alergi, gangguan pencernaan dan beberapa jenis kanker.

  • Gangguan pada gigi

Gigi berlubang merupakan hal yang paling sering menjadi penyebab bau mulut pada anak. Anak biasanya malas gosok gigi sebelum tidur, padahal hal ini sangat penting untuk kesehatan gigi dan kesegeran mulutnya. Karang gigi yag menumpuk dan abses di gigi menyebabkan bau mulut muncul. Selain kebersihan gigi, kebersihan lidah dan gusi juga perlu diperhatikan. Makanan yang tersisa di sela-sela gigi dan gusi dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan bau.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

  • Mulut kering

Mulut yang kering akan membuat liur ikut berkurang. Padahal air liur dapat menetralisir asam dan membersihkan sel mati yang bertumpuk di lidah dan gusi. Penyebab mulut kering bisa karena obat, adanya masalah kelenjar ludah atau napas melalui mulut. Ketika hidung tersumbat biasanya anak akan mengambil nafasnya melalui mulut hingga memicu munculnya bau mulut.

  • Makanan

Makanan yang dikonsumsi anak juga berpengaruh pada bau mulut. Misalnya makanan pedas dan makanan berbau menyengat.

https://lingshenyao.id/obat-alami-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here