penyakit miom itu seperti apa

Mengenal Penyakit Miom

Mendengar kata miom pasti sudah tidak asing lagi, terutama dikalangan para wanita. Penyakit yang menghantui banyak wanita ini merupakan salah satu jenis tumor jinak. Namun banyak juga yang belum mengetahui penyakit miom itu seperti apa.

Mari kita mengenal penyakit miom itu seperti apa, agar kita bisa memdetesi secara dini penyakit ini. Tak hanya bagi wanita, tai juga pria harus mengetahui tanda dan gejala dari miom ini. Agar jika ada wanita wanita yang mengeluh seperti ciri-ciri miom, anda bisa memberitaunya untuk memeriksakan diri.

Miom ini merupakan tumor yang biasanya menempel pada dinding otot rahim. Ukurannya pun berbeda-beda, ada yang sebesar kelereng hingga sebesar kepalan tangan orang dewasa. Miom juga bisa tumbuh hanya satu atau banyak. Meski para dokter mengatakan, jika kebanyakan miom tidak berbahaya dan tidak berpotensi kanker. Namun tumbuhnya miom akan menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri dan berpengaruh pada organ lain misalnya kandung kemih dan rahim. Berikut tanda dan gejala dari miom :

Saat masih berukuran kecil, miom hampir tidak menampakan gejala apapun. Tapi jika ukurannya muali membesar barulah satu persatu gelaja akan muncul seperti :

  • Terasa nyeri pada bagian perut bawah hingga ke pinggul
  • Perut selalu terasa kembung dan membersar seperti sedang hamil.
  • Timbul rasa nyeri saat melakukan hubungan intim.
  • Anemia
  • Lebih sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena kandung kemih tertekan oleh miom
  • Ada rasa tekanan pada panggul
  • Terjadi ganguan haid. Misalnya siklus haid yang tidak teratur dan jumlah darah yang keluar tidak normal.

Tak hanya pada wanita normal saja, miom juga bisa datang pada wanita yang sedang hamil. Untuk tanda dan gelajanya sama, namun efeknya tentu saja berbeda. Jika miom berukuran kecil dan posisinya tidak menutupi jalan lahir, maka masih dikatakan aman. Namun jjika ukurannya besar bisa mengakibatkan kelahiran premature atau keguguran pda hamil muda. jadi anda sudah tau penyakit miom itu seperti apa dan sudah mengatahui mana yang membahayakan dan tidak.

https://lingshenyao.id/perbedaan-kista-dan-miom/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here