ciri ciri keputihan yang berbahaya

Penyakit Kista Pada Wanita

Kista merupakan penyakit yang banyak menyerang wanita. Penyakit satu ini baru terdeteksi jika sudah dalam keadaan parah. Hal ini dikarenakan gelaja penyakit kista pada wanita, sering dianggap hal yang biasa. Rata-rata pada wanita, kista tumbuh di sekitar ovarium, sehingga tidak sedikit jika kista di ovarium ini mengganggu fungsi ovarium itu sendiri.

Penyakit kista pada wanita dibagi menjadi 2, yaitu kista fungsional dan patoligis. Kista fungsional ini muncul karena siklus haid dan bisa hilang dengan sendirinya. Sedangkan kista patologis, merupakan kista yang terbentuk karena adanya sel abnormal. Pada beberapa kasus, kista ini dapat berpotensi kanker.

Untuk mendeteksi dini kista, sebaiknya kita perlu tahu tanda dan gejala kita. Meskipun kebanyakan kista tidak bahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika ukurannya semakin besar dan pecah, bisa menimbulkan hal yang serius. Berikut gejala penyakit kista pada wanita :

  • Darah Haid lebih banyak dari biasanya.
  • Sikslus haid yang tidak teratur.
  • Timbul rasa nyeri pada tulang punggung.
  • Kesulitan menjalani program hamil.
  • Timbul rasa nyeri saat hubungan intim.
  • Sulit buang air besar.
  • Sering buang air kecil.

Jika anda mengalami gajala-gelaja diatas ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter, untuk memastikan adanya kista atau tidak. Untuk pemeriksaan kista biasanya dokter akan melakukan USG atau pun tes darah.

Pemerisaan ini dilakukan untuk mengetahui, ukuran kista, isi dari kantung kista dan apakah kita termasuk kista fungsional atau patilogis. Sehingga dokter bisa memakukan penanganan kista dengan tepat. Karena bagi seorang wanita kista dapat menganggu kesuburan dan kehamilan. Kista tak hanya menyerang wanita normal saja, namun wanita hamil juga bisa berpotensi.

https://lingshenyao.id/perbedaan-kista-dan-miom/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here