penderita hiv bisa hamil

Bagi beberapa orang yang masih awam, seorang wanita yang mengidap HIV sebaiknya tidak hamil. Hal ini karena dikhawatirkan sang anak akan terjangkit penyakit yang sama dengan ibunya. Tak sedikit wanita yang menderita HIV juga berfikiran hal yang sama. Tapi apakah sebenarnya wanita yang mengidap HIV  boleh atau penderita hiv bisa hamil?

Namun faktanya wanita penderita HIV bisa hamil tanpa menurunkan penyakit yang iya derita pada anaknya. Kasus ini di alami seseorang bernama Hages Budiman yang menderita HIV. Hages sudah memiliki anak dan semuanya tidak ada yang terjangkit HIV. Jadi untuk wnaita yang mengidap HIV tak perlu khawatar. Berikut tips mengurangi proses penularan pada wanita pengidap HIV yang ingin hamil :

Konsultasi pada dokter

Konsultasikan pada dokter tentang keinginan anda untuk hamil dengan kondisi anda sekarang. Bersikap terbuka saat konsutasi sangat diperlukan untuk mempermudah dokter memberi solusi terbaik. Dokter akan memeriksa dan memastikan status virus HIV anda dianggap cukup aman, anda juga harus rajin minum ARV. Dokter juga akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menyatakan jika ibu dapat mengandung. Tes kekebalan tubuh juga merupakan hal yang penting, jika angka menunjukan 410-1.500 maka dokter akan memperbolehkan. Penderita hiv bisa hamil jika sudah diperbolehkan oleh dokter.

Berhubungan intim dengan aman

Jika dokter sudah memperbolehkan anda untuk hamil, anda bisa melakukan hubungan intim dengan aman. Lakukan hubungan intim 3 hari dalam masa subur anda, tentunya tanpa alat kontrasepsi.

 

Agar anak tidak tertular HIV

Penularan HIV/AIDS dapat melalui darah, cairan kelamin, dan juga ASI. Namun, untuk ibu hamil anda harus rutin memeriksakan kondisi kesehatan anda. Pastikan kondisi anda masih aman untuk menlanjutkan kehamilan oleh dokter.

Pada masa-masa ini harus betul-betul memperhatikan pola hidup dan juga asupan gizi, agar penderita HIV bisa hamil. Kondisi yang sehat dan kekebalan tubuh yang baik akan menjaga anda agar dapat melanjutkan kehamilan, persalinan dan menyusui.

https://lingshenyao.id/tanda-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here