Begini pengobatan kanker berdasarkan gejala dan penyebabnya

Jenis-jenis Pengobatan Kanker

Ada beberapa metode pengobatan untuk kanker. Pengobatan kanker berdasarkan gejala dan penyebab juga dapat mendasari pengobatan yang dipilih. Tak hanya itu,  jenis dan tingkat keganasan kanker juga mempengarui. Begini pengobatan kanker berdasarkan gejala dan penyebabnya:

  • Pembedahan

Pembedahan bertujuan untuk menghilangkan atau mengangkat jaringan kanker pada tubuh agar sel kanker terbuang semaksimal mungkin.

  • Kemoterapi

Pengobatan ini memang paling sering anda dengar untuk pengobatan penderita kanker. Dalam prosesnya, kemoterami menggunakan senyawa kimia untuk membutuh sel kanker dan mencegah perkambangannya.

  • Radioterapi

Jenis pengobatan ini menggunakan sinar berenergi tinggi dengan tujuan membunuh sel kanker. Radioterapi biasanya digunakan dari sinar radiasi diluar tubuh, namun ada juga yang ditanam dalam tubuh pasien.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

  • Transplantasi sel punca (stem cell)

Transplantasi sel punca bisa disebut cangkok sumsum tulang, hal ini bertujuan memproduksi sel darah. Sel punca yang ditransplantasi bisa berasal dari tubuh pasien atau dari pendonor. Selain untuk mengganti sumsum tulang, transplantasi ini juga untuk memudahkan dokter dalam kemoterapi dengan dosis lebih tinggi untuk jenis kanker yang lain.

  • Imunoterapi

Imunoterapi atau terapi biologis. Tujuannya untuk membantu sistem imun tubuh pasien untuk mengenali sel kanker dan membunuhnya. Karena sistem imun dapat menyebar dan membahayakan pasien jika imun dari pasien lemah.

  • Terapi hormone

Seperti kanker payudara dan prostat biasanya dipengarui hormon sang pasien. Dengan menurunkan atau menghilangkan hormon pemicu pada pasien dapat menghentikan jaringan kanker berembang.

  • Targeted drug therapy

Pengobatan kanker yang satu ini terbilang yang paling mudah yaitu dengan pemberian terapi obat-obatan. System dari obat ini dengan mematikan sel abnormal, tanpa menyerang sel yang sehat.

Dari beberapa pengobatan di atas, memiliki efek samping yang berbeda-beda. Misalnya daya tahan tubuh menurun, lebih rentan terserang penyakit lain, mual, muntah hingga kerontokan rambut. Efek tersebut tergantung dari respon tubuh pasien, beberapa pasien juga ada yang mengalami efek yang ditimbulan tidak terlalu parah.

https://lingshenyao.id/bahaya-endometriosis/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here