nyeri perut bawah saat hamil muda

Pada beberapa ibu hamil pasti pernah merasakan kram perut atau nyeri dibagian bawah perut. Sebetulnya nyeri perut bawah saat hamil muda termasuk hal normal, asalkan tidak disertai tanda bahaya. Tanda bahasa ini seperti pusing, adanya pendarahan, pandangan kabur hingga hilang kesadaran. Jika keluhan nyeri perut bawah disertai tanda bahaya, segera pergi ke rumah sakit untuk dilakukan penanganan yang lebih tepat.

Sebetulnya apa sih yang membuat nyeri perut saat hamil muda? Mengapa nyeri yang timbul dikatakan normal? Tentunya banyak yang memepertanyakan hal ini bukan. Berikut beberapa hal yang membuat rasa nyeri perut bagian bawah timbul saat hamil muda :

Perbesaran ukuran rahim

Saat hamil, ukuran rahim akan membesar seiring perkembangan janin. Ketika usia kehamilan bertambahnya maka berat dan ukurannya pun bertambah. Ligamen penghubung tulang panggul dan rahim tentu akan meregang dan memuat rahim terasa kencang.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Gas berlebihan dalam perut

Adanya peningkatan hormon progesteron membuat otot pada dinding saluran pencernaan rileks sebingga pencernaan bergerak lebih lambat. Ketika makanan lama berada pada usus besar, maka ada peningkatan gas yang diproduksi. Pada beberapa kasus juga gas terasa hingga ke punggung dan dada.

Setelah berhubungan seks

Setelah melakukan hubungan seks saat hamil dapat menimbulkan kram pada perut diiringi sakit pinggang yang ringan. Hal ini karena terjadi sensasi berdenyut pada vagina dan rahim sehingga terjadi kram perut setelahnya.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-hati/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here