menyusui bayi

Sebagai ibu baru saat menyusui bayi mungkin menjadi pengalaman yang menyenangkan atau menyakitkan. Seorang ibu harus mengatui cara menyusui bayi yang baru lahir dengan benar, agar ASI yang di berikan dapat tercukupi oleh bayinya.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan dan baru melakukan yang pertama kalinya, pasti saat menyusui bayi bukanlah hal yang mudah. Bahkan ada para ibu yang harus bertanya-tanya pada tetangga maupun keluarganya mengenai cara menyusui yang benar.

Berikut 4 tahap cara menyusui bayi yang benar yang sering dilakukan oleh para ibu yang sudah pengalaman.

1Menyusui pertama kali

Setelah melahirkan, pada waktu pertama kali ibu menggendong bayi segeralah bawa ke dada. Dan posisikan pada payudara sampai mulut bayi menyentuh puting, kemudian dorong bayi anggar membuka mulutnya dan mencoba untuk segera menghisapnya. Untuk para ibu , nila hal ini gagal maka harus tetap sabar dan mencoba terus sampai berhasil.

2Pelekatan

Pelekatan yaitu dimana posisi mulut bayi menghisap atau menyentuh seluruh areola dan puting. Untuk melakukan hal tersebut , cobalah untuk melonggarkan mulut bayi dari payudara dengan cara memasukan jari ibu di antara gusi bayi. Hal ini akan terasa sakit , tetapi jangan panik karena ini memang hal umum yang biasa terjadi pada ibu yang beru memiliki anak.

3Memilih Posisi Yang Nyaman Saat Menyusui

Seorang ibu harus memilih tempat atau posisi yang nyaman pada saat menyusui, agar proses menyusui berjalan dengan lancar. Misalnya ibu memberi ASI dengan posisi tidur tetapi leher terasa pegal, maka sang ibu pastinya akal kelelahan. Maka dari itu carilah posisi yang senyaman mungkin agar ibu dan bayinya sama-sama nyaman.

4Konsultasi

Ketika sang ibu mengalami payudara bengkak, puting sakit , atau gejala yang lainnya segeralah konsultasi pada bidar atau dokter. Bila sang ibu mengabaikan hal tersebut , tentunya akan memperburuk keadaan bahkan dapat membuat ibu tidak dapat menyusui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here