mengenal jenis-jenis alergi

Ada beberapa alergi yang mungkin sudah anda ketahui, namun belum tau secara pasti lebih lanjutnya. Oleh karena itu penting bagi kita mengenal jenis-jenis alergi. Berikut macam-macam penyebab alergi:

  • Makanan

Alegi makanan tertentu merupakan alergi yang paling sering kita temui pada seseorang. Pada alergi makanan biasanya akan timbul gatal, bengkak, pusing, mual, hingga sulit bernapas. Hal ini akan muncul jika seseorang memakan makanan pemicu alerginya. Makanan yang banyak menyebabkan alergi pada seseorang adalah telur, susu, kacang-kacangan dan seafood.

  • Alergi kulit

Alergi yang satu ini dipicu oleh zat alergen yang bersentuhan dengan kulit. Biasanya akan timbul kemerahan, ruam, gatal, hingga bengkak, jika alergi mulai menyerang. Hal ini biasanya terjadi setelah kontak dengan zat tersebut.  Zat alergen biasanya disebabkan serbuk sari, logam nikel, krim kulit, tanaman, dan detergen.

  • Alergi debu

Pernahkah anda merasa gatal atau bersin-bersin saat terpapar debu? Bisa jadi anda punya alergi terhadap debu. Alergi debu tak selalu disebabkan oleh debu, bisa juga karena tungau, kutu, kotoran hewan, bangkai binatang, dan spora. Yang biasa terjadi jika alegi muncul adalah mata berair, gatal, bersin dan hidung tersumbat. Untuk menghindari alegi debu, ada baiknya anda menjaga keberihan sekitar dan gunakan masker saat beraktifitas.

obat kista di apotik
Obat Kista Herbal
  • Alergi obat

Pada kasus alergi obat, tubuh akan menganggap jika obat yang dikonsumsi merupakan zat yang membahayakan. Sehingga reaksi tuhub seseorang terhadap obat tertentu cenderung berlebihan. Alegri ini biasanya terjadi pada  obat antibiotik, obat pereda nyeri obat kemoterapi, hingga obat autoimun. Ada baiknya konsultasi denagn dokter anda mempunyai alergi obat tertentu saat berobat.

Oleh karena itulah penting bagi kita mengenal jenis-jenis alergi. Anda baiknya anda memeriksakan diri anda dengan tes alergi. Hal ini dilakukan agar anda bisa menghindari faktor pemicu alergi dan tidak memperparah keadaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here