tips mengecilkan miom

Mengatasi Miom

Seringkali gejala miom tidak disadari oleh banyak wanita. Saat miom sudah mulai membesar baru lah para penderitanya menyadari ada yang tidak beres pada tubuhnya. Beberapa kasus miom memang tidak berbahaya, namun jika sudah membesar dapat mengganggu funsi organ lain. Selain itu juga, miom yang kian membesar dapat menimbulkan rasa sakit. Berikut beberapa tips mengecilkan miom :

Ibuprofen

Ibuprofen memang bukan tips mengecilkan miom, namun obat ini dapat mengurangi rasa nyeri akibat miom. Miom yang membesar nyerinya bisa menyebar hingga punggung dan kaki. Meski dijual bebas, namun perlu ingat untuk konsumsi obat ini harus dengan resep dokter ya.

Terapi Hormon

Salah satu faktor tumbuhnya miom adalah karena gangguan hormon. Maka dari itu dokter biasanya memberi tips mengecilkan miom dengan memberika pil KB untuk  menyeimbangkan hormon. Hal ini juga bisa mengrangi pendarahan yang hebat dan anemia. Untuk terapi ini hanya bisa dijalankan selama 6 bulan, karena bisa mengakibatkan resiko osteoporosis.

Embolisasi fibroid

Tips mengecilkan miom berikutnya yaitu embolisasi fibroid. Metode ini merupakan  metode mengecilkan miom dengan suntik polivinil alkohol atau PVA melalui arteri. Cara kerja obat yaitu dengan memblokir suplai darah ke miom. Sehingga mencegah miom membesar dan menyusutkan ukuran miom. Efek yang ditimbulkan saat menjalani metode ini biasanya pasien meraasa mual, muntah dan lemas pada awal pengobatan.

Miomektomi

Miomektomi merupakan prosedur pembedahan untuk menghilangkan miom. Langkah yang digunakan untuk melakukan miomektomi yaitu dengan menggunakan histeroskop atau laparoskop.Metode miomektomi tidak disarankan bagi pasien yang ingin melakukan program hamil. Tips mengecilkan miom atau pengangkatan miom pada kesuburan wanita, namun ada kemungkinan miom tumbuh kembali jika tidak diangkat dengan jaringannya.

Histerekomi

Seperti miomektomi, metode histerekomi juga merupakan tindakan bedah. Namun pada operasi histerektomi akan dilakukan pengangkatan rahim seluruhnya. Meski miom tidak akan tumbuh lagi, namun metode satu ini perlu difikirkan terlebih dahulu. Kecuali pada wanita yang sudah lanjut usia atau yang tidak akan lagi memiliki anak.

https://lingshenyao.id/obat-endometriosis/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here