cara mengatasi maag saat hamil

Mengatasi maag saat hamil

Penyakit maag memang sangat umum diderita oleh hampir setiap orang didunia, begitu juga pada wanita hamil. Penyakit maag  ternyata terjadi pada sekitar 60-80 persen ibu hamil didunia. Pastinya hal ini menganggu aktivitas dan mood pada ibu hamil jika tidak cepat diatasi. Dan apakah cara mengatasi maag saat hamil sama dengan sebelum hamil? berikut cara mengatasinya dan menghindarinya :

  1. Cara mengatasi maag saat hamil yang pertama yaitu dengan menghindari kondisi perut dalam keadaan kosong. Mengatur jadwal makan dengan makan sedikit namun sering. Anda bisa menjadi kan biskuit sebagai camilan di 2 jam sekali atau disela-sela jam makan.
  2. Mengunyah makanan dengan baik dan lembut. Hal ini akan membantu proses pencernaan dan kerja enzim dimulut. Sehingga lambung tidak bekerja lebih berat jika keadaan makanan sudah dikunyah dengan baik.
  3. Mengurangi makanan dan minuman yang pedas dan asam. Cara mengatasi maag saat hamil yang satu ini mungkin menjadi tantangan berat, apalagi jika anda sedang mengidam ya. Selain makanan pedas dan asam, makanan yang mengandung gas karbondioksida, lemak, dan berminyak juga perlu anda hindari. Makanan-makanan tersebut akan memicu asam lambung naik.
  4. Hindari stress tak hanya baik untuk perkembangan janin, tapi juga menghindari maag kambuh. Karena saat stressterjadi perubahan hormonal di dalam tubuh dan memicu memproduksi asam berlebihan.
  5. Jika maag terlajur kambuh, jangan minum obat sembarangan. Pada saat hamil anda harus lebih memperhatikan dosis dan aturan pakau obat maag yang dijual bebas. Atau lebih aman jika anda konsultasikan pada dokter agar dosis dan terapi yang diberikan lebih tepat. Atau cara mengatasi maag saat hamil bisa menggunakan obat herbal, seperti air jahe atau mengoleskan minyak kayu putih dibagian perut. Hal ini bisa mengurangi gas berlebih dalam tubuh.
  6. Cara mengatasi maag saat hamil selanjutnya yaitu dengan menghindari tidur setelah makan. Karena berbaring setelah makan dalam keadaan lambung penuh membuat asam lambung mudah terdorong ke kerongkongan.

https://lingshenyao.id/pengobatan-endometriosis/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here