anak suka pilih pilih makanan

Anak suka pilih pilih makanan

Bagi para orang tua, anak yang sulit makan menjadi masalah yang selalu memusingkan. Namun, secara tidak sadar hal ini biasanya dipengaruhi karena anak suka pilih-pilih makanan. Apalagi jika sudah menlihat sayuran, anak pasti tidak semangat untuk menyantap makannya bukan? Berikut penyebab anak suka pilih pilih makanan :

Memaksanya makan

Jika di waktunya anak makan dan anak tidak ingin makan, jangan memaksanya makan. Hal ini membuat anak malah semakin menolak makanan dan menjadi pengalaman buruk baginya. Beri waktu pada anak jika sedang tidak ingin makan, mungkin anak juga memang belum merasa lapar.

Batasi cemilan atau minuman sebelum makan

Salah satu penyebab anak suka pilih-pilih makanan, bisa karena anda memberi kudapan menjelang jam makannya. Jika anak memilih cemilan atau minuman favoritnya sebelum jam makannya, untuk saat ini dikurangi terlebih dulu. Buat anak merasa lapar agar anak lebih memilih makanan berat ketimbang cemilan.

Mecontoh

Biasanya anak hanya ingin makan dengan nuget atau sosis saja, sedangkan sayuran ditinggalkan. Padahal asupan nutrisi dari sayuran sangat dibutuhkan dalam masa perkembangannya. Salah satu penyebab anak suka pilih pilih makanan karena melihat pola makan anda. Jika anda mencontohkan untuk memakan sayuran, lama kelamaan anak akan mengikuti dan mencontoh kebiasaan anda.

Variasi Makanan

Variasikan makanan yang anak sudai dengan sayuran yang biasanya ditolak anak. Misalnya anak tidak suda sayuran, anda bisa membuat nuget yang berisi sayuran. Agar anak masih bisa memakannya tanpa melihat sebenarnya naget tersebut sudah dicampur sayuran. Atau anda juga bisa membuat menarik makanan sehat yang anda sajikan untuk anak. Agar anak lebih penasaran karena bentuknya yang unik.

Beri Tahu Kandungan Makanan

Kadang anda memaksa anak makan sayuran atau makanan sehat lainnya. Namun, tidak memberi tahu kandungan apa dan bermanfaat apa saja makanan tersebut. Anda bisa memberi tahu manfaat sayuran bagi kesehatan pada anak, agar anak mengerti jika makanan itu baik untuk tubuhnya. Misalnya anda bisa memberi pemahaman seperti “wortel itu mengandung vitamin A, vitamin A baik untuk mata kita”

https://lingshenyao.id/penyakit-ambeien/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here