cara mencegah anak kecanduan gadget

Dizaman serba digital ini membuat penggunaan gadget merupakan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dari orang dewasa hingga anak-anak saat ini hampir semuanya memiliki gadget. Namun para orang tua mempunyai ketakutan tersendiri jika anaknya terus menerus bermain gadget, apalagi jika anak sudah kecanduan gadget. Berikut kami berikan tips cara mencegah anak kecanduan gadget.

Membatasi penggunaan

Cara mencegah anak kecanduan gadget yang pertama yaitu anda perlu batasi penggunaan gadget pada anak.  Dibawah ini porsi penggunaan gadget pada anak :

  • Anak di bawah usia 2 tahun: sebaiknya jangan biarkan untuk bermain gadget sendiri. Ini juga berlaku untuk menonton acara TV dan vidio di smartphone .
  • Anak usia 2 hingga 4 tahun: sebaiknya penggunaannya 1 jam saja, namun lebih baik kurang dari 1 jam.
  • Usia anak 5 tahun ke atas: berikan waktu dua jam saja dalam sehari untuk penggunaan rekreasional.

Beri jadwal

Pemberian jadwal saat bermain gadget. Hal membuat anak tidak mengisi waktu luangnya untuk bermain bersama gadgetnya. Jadi mereka hanya bermain gadget pada jam-jam yang anda jadwalkan saja.

Batasi akses internetnya

Beri arahan pada anak untuk bijaksana menggunakan gadget. Beri pemahaman juga untuk meminta izin terlebih dulu jika akan menggunakan gadget. Anda juga letakan computer diruang keluarga atau ditempat yang mudah terlihat. Hal ini dilakukan agar anda atau orang lebih dewasa dapat mengawasi apa yang di akses anak.

Berikan kegiatan yang menyenangkan

Anak biasanya akan mulai memainkan gadgetnya jika merasa bosan. Kenali hobinya dan kegiatan yang ia sukai, agar tidak terpaku pada gadgetnya. Anak akan berfikir jika bermain gadget bukan satu-satunya kegiatan yang menyenangkan.

Berikan contoh yang baik

Cara mencegah anak kecanduan gadget yang satu ini sangat ampuh. Anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tua atau orang sekelilingnya. Anda juga harus membiasakan diri untuk tidak anteng bermain gadget saat berkumpul bersama keluarga.

https://lingshenyao.id/penyebab-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here