manfaat pelukan untuk anak

Manfaat pelukan untuk anak

Mencerdaskan Anak

Penelitian dokter spesialis neotologi Dr. Nathalie Maitre, MD, PhD.  Dari RS Anak Nasional Ohio mengenai manfaat pelukan untuk anak. Seringnya orang tua memeluk anak maka akan mempengaruhi pertumbuhan otak sang anak. Jika anda sering memeluk anak, perkembangan otaknya semakin pecat loh ! Hal ini juga dibuktikan pada bayi premature. Bayi prematur yang banyak mendapat sentuhan dari orang tuanya, mempunyai respon otak yang aktif dan pertumbuhan otak yang pesat. Secara otomatis perkembangan otak ini akan berdampak baik pada kecerdasannya kelak.

Sistem kekebalan tubuh yang baik

Penelitian Universitas Carneige Mellon di Amerika Serikat pada tahun 2015 mengungkapkan fakta menarik. Hasilnya, sebuah pelukan bisa melindungi seseorang dari stress yang dapat memicu flu dan demam. Sehingga anak yang sering diberikan pelukan orang tua lebih jarang terkena flu. Tak hanya itu, kekebalan tubuhnya juga lebih baik karena tingkat stressnya lebih rendah.

Pertumbuhan fisik yang baik

Ketika berpelukan, tubuh kita melepaskan hormon oksitosin atau disebut juga hormone cinta. Hormon membuat anak merasa bahagia dan nyaman. Selain itu hormin yang satu ini juga berperan dalam menstimulasi pertumbuhan anak.

Perasaan nyaman dan bahagia yang disebabkan hormon ini juga berperan penting bagi tubuh. Salah satunya sebagai stimulan pertumbuhan tulang, jaringan hingga saraf pada anak.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Meredakan Emosi Anak

Masih berkaitan dengan fungsi hormon oksitosin yang dihasilkan ketika memeluk sang anak. Ketika anak menangis atau marah cobalah berikan pelukan. Oksitosin yang dihasilkan dari tubuh anak dapat membantunya meredakan emosi dan kecemasan. Pada kasus anak yang mempunyai masalah dalam emosi atau autis anda bisa membantunya dengan memberikan pelukan. Dengan redanya amarah anak yang meluap-luap, anak akan semakin dapat mengendalikan emosinya.

Meski dianggap sepele, manfaat pelukan untuk anak ini tidak bisa dianggap remeh. Menjalin hubungan baik secara verbal dan non verbal pada anak sangat berpengaruh pada tumbuh kembang sang anak.

.https://lingshenyao.id/makanan-yang-bisa-mengobati-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here