berendam air panas

Masyarakat jepang terkenal dengan kebugaran tubuhnya, budaya berendam air panas di bath tub selepas bekerja ternyata berpengaruh loh ! masyarakat jepang biasanya berendam sebelum tidur atau selepas melakukan akivitas. Beda dengan masyarakat Indonesia, yang kebanyakan melakukan berendam sebagai ajang rekreasi. Ternyata berendam air panas mempunyai efek yang baik untuk tubuh kita. Berikut manfaat berendam air panas bagi kesehatan :

Membakar Kalori

Menurup penelitian di University of Loughborough, berendam air panas atau mandi dapat membakar kalori dan merileksasikan pikiran. Berendam atau ,mandi air panas ini sama dengan olahraga. Untuk berendam anda cukup lakuakn selama 10 menit saja. Pastikan juga suhunya tidak terlalu panas agar kulit anda tidak terbakar.

Ternyata berendam dalam suhu 40 derajat Celsius setara dengan bersepedah santai selama 30 menit.

Menstabilkan Gula Darah

Orang yang menderita diabetes biasanya dianjurkan untuk mandi atau berendam air panas oleh dokter. Bukan tanpa sebab, ternyata hal ini dapat menstabilkan kadar gula dalam darah loh ! Faktaknya para penderita diabetes yang biasa mandi atau berendam mempunyai kadar gula darah yang lebih stabil, dibanting yang tidak. Namun tergantung juga pada makanan yang anda konsumsi.

Tak hanya bagi penderita diabetes saja. Kadar gula dalam darah juga harus dalam keadaan yang stabil bagi orang yang normal.

Memperlancar Peredaran Darah

Jika badan anda terasa pegal-pegal, ada baiknya anda berendam air panas. Hal ini dapat mengurangi ketegangan pada otot anda dan memperlancar peredaran darah. Jika anda sering merasa pusing, cobalah untuk berendam. Peredaran darah yang lancar akan memperlancar juga metabolisme tubuh.

Meski mempunyai banyak manfaat, namun berendam air panas ini jangan dilakukan terlalu sering. Apalagi bagi anda yang mempunyai jenis kulit kering, karena uap dari air akan merusak kelembaban kulit anda. Untuk mengatasinya anda bisa gunakan lotion setelah berendam. Bagi anda yang mempunyai kulit normal anda bisa mandi atau berendam air panas 1 kali dalam sehari.

https://lingshenyao.id/ciri-ciri-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here