manfaat asi ekslusif bagi ibu dan bayi

Pernah mendengar mengenai ASI eksklusif? ASI eksklusif merupakan pemberian ASI paa bayi hingga usia bayi 6 bulan. Setelah usia 6 bulan barulah bisa dibantu dengan makanan pendamping untuk merangsang pertumbuhan gigi dam melatih pencernaannya. ASI eksklusif ini sangat penting diberikan pada bayi, karena memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat ASI ekslusif bagi ibu dan bayi :

  • Sebagai sumber nutrisi

Meski banyak susu formula yang banyak mengandung nutrisi, namun tidak ada yang melebihi kandungan ASI. Nutrisi di dalam ASI sangat lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan untuk bayi. Dengan ASI eksklusif juga bisa sebagai antibodi alami untuk mencegah bayi terserang infeksi atau penyakit.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

  • Mudah dicerna

ASI merupakan makanan dasar bayi yang mudah dicerna lambung. Pda beberapa bayi yang menggunkan susu formula biasanya terjadi masalah pencernaan. Seperti sulit BAB atau malah diare. Selain mudah dicerna, kandungan probiotik pada ASI dapat membentuk mikroflora pada saluran pencernaan bay, sehingga menyehatkan perncernaanASI juga dapat menghindarkan bayi dari reaksi alergi.

  • KB Alami

Bagi anda yang baru saja melahirkan dan ingin menggunakan KB, anda cukup berikan ASI eksklusif pada bayi anda. Karena manfaat ASI ekslusif bagi ibu dan bayiyang selanjutnya adalah bisa menjadi KB alami. Karena saat menyusui, tubuh anda mengeluarkan hormone yang bisa menjadi KB alami untuk anda.

Disamping semua manfaatnya, pemberian ASI dapat mempererat hubungan ibu dan bayi. Karena terjadi kontak fisik antara keduanya menjadikan ikatan batin yang lebih kuat dibanding anak yang diberi susu formula.

https://lingshenyao.id/obat-kista-tradisional-yang-paling-ampuh/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here