makanan bayi agar terhindar sembelit

Bayi yang sudah berusia diatas 6 bulan tenetunya sudah bisa diberikan makana pendamping. Banyak orang tua khawatir jika bayi mulai diberi makanan akan terjadi sembelit karena penceraannya belum terbiasa. Makanan yang diberikan pun harus mempunyai nilai gizi yang baik, salah satunya yang mengandung serat. Serat berperan penting dalam metabolisme dan mencerna makanan. Berikut makanan bayi agar terhindar sembelit :

Buah-buahan

Makanan bayi agar terhindar sembelit yang pertama adalah buah-buahan. Buah merupkanan sumber serat yang bisa anda berikan secara aman untuk bayi di atas 6 bulan. Namun untuk buahnya pun tak bisa sembarangan seperti orang dewasa. Apalagi pada bayi yang giginya belum tumbuh dengan sempurna. Anda bisa mengawali dengan buah pisang dan pepaya. Jika respon anak baik terhadap buah anda bisa berikan buah pir, apel, plum dan alpukat yang dihaluskan. Untuk pemberian buah bisa anda lakukan cukup 1 hari sekali.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Sayuran

Tak hanya buah, sayur juga merupakan makanan tinggi serat untuk bayi. Anda bisa menghaluskan sayuran seperti brokoli, bayam, kacang polong , buncis dan wortel yang dicampur dengan bubur. Tapi jika gigi bayi sudah banyak yang tumbuh anda bisa rebus sayuran tersebut dan dipotong kecil-kecil untuk menstimulasi giginya.

Biji-bijian

Mungkin anda sedikit bingung untuk memberikan jenis makanan ini pada anak. Namun sebetulnya banyak cara loh ! misalnya anda bisa memberikan jenis biji-bijian gandung utuh dalam bentuk sereal. Selain sereal anda juga bisa mencari camilan seperti biskuit yang terbuat dari gandum atau jagung.

Asupan serat sangat dibutuhkan olah bayi, selain memebantu pencernaan. Serat juga dapat mencegah bayi terkena sembelit atau sulit BAB.

. https://lingshenyao.id/obat-kanker-hati/

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here