keputihan saat hamil muda wajarkah

Keputihan merupakan hal biasa pada wanita, keputihan biasanya datang ketika menjelang hadi atau sesudah haid. Namun keputihan saat hamil muda wajarkah? tentu saja bisa. Keputihan yang terjadi pada masa kehamilan bisa dipicu akan kondisi tertentu. Berikut hal yang mempengaruhi keputihan pada wanita hamil :

Infeksi ragi

Infeksi ragi ini merupakan salah satu penyebab apakah orang hamil bisa keputihan atau tidak. Ciri dari infeksi ini,selain keputihan biasanya disertai kemerahan, gatal hingga rasa panas ketika buang air kecil. Namun kondiri ini biasanya akibat perubahan hormone pada wanita hamil.

Bakteri vaginosis (BV)

Penyebab keputihan pada wanita hamil yang satu ini dikarenakan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat. Umumnya dalam kasus ini jarang menunjukan gejala. Namun perlu hati-hati, justru penyebab yang satu ini cukup berbahaya loh karena infeksi ini bisa saja terjadi didalam rahim. Karenanya bisa mempengarui kehamilan, misalnya ketuban pecah dini dan kelahiran premature.

Penyakit menular seksual (PMS)

Apakah orang hamil bisa keputihan bahaya? Tentu PMS ini jawaban yang tepat jika dilihat dari akibat yang ditimbulan. Selain akan keluar cairan berwarna kekuningan hingga hijau dan berbau tidak sedap dari jalan lahir. penyakit ini juga mengakibatkan persalinan premature. Penyakit menular seksual ini kebanyakan dikarenakan tertular dari pasangan, meskipun tiak semua kasus didapati dari pasangan. Tak hanya persalainan premature saja, penyakit ini juga dapat menimbulkan infeksi pada rahim setelah melahirkan.

Setelah ulasan singkat diatas untuk anda yang mempertanyakan apakah orang hamil bisa keputihan atau tidak kini sudah tau jawabannya. Penyebab dari keputihan pun sudah diulas. Sebaiknya menjaga kebersihan organ intim dan kebersihan diri perlu dikakukan sebelum hamil. Karena pada saat hamil lebih rentan dan resikonya bisa juga berdanpak pada janin. Belum lagi perubahan hormon yang dapat memicu keputihan, Namun biasanya jika karena perubahan hormone, keputihan yang terjadi normal dan akan hilang seiring umur kehamilan bertambah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here