manfaat siwak untuk gigi

Nabi Muhammad dikenal selalu membersihkan giginya dengan bersiwak. Sehingga bersiwak menjadi hal yang sunnah. Tak hanya menjadi sunnah, bersiwak juga mempunyai manfaat bagi gigi kita. Berikut manfaat siwak untuk gigi dan mulut :

  • Menjaga gigi dari ke rusak

Manfaat siwak untuk gigi yang pertama adalah menjaga gigi dari kerusakan. Ketika enamel gigi rusak maka biasanya anda akan mengalami gigi berlubang. Siwak mengandung fluoride yang dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi. Kandungan natrium bikarbonat, natrium klorida dan kalsium oksida dapat memperkuat enamel gigi.

  • Mencegah karang dan plak gigi

Plak terjadi karena bakteri yang tumbuh dan berkembang pada gigi dan juga gusi. Penumpukan plak gigi ini akan membentuk karang gigi. Karang gigi biasanya berwarana kuning hingga hitam. Dengan kandungan antibakteri pada siwak, akan mencegah pertumbuhan bakteri di gigi dan gusi. Dengan begitu tumpukan plak dapat diminimalisir.

obat penghancur kista di apotik
Obat Kista Herbal
  • Mencegah bau mulut

Halitosis atau yang biasa disebut bau mulut bisa disebabkan karena beberapa penyebab. Dari mulai makanan, penyakit gigi atau gusi hingga kurangnya air liur. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, siwak mengandung antibakteri alami yang dapat mecegah bau milut. Selain itu juga bisa meningkatkan produksi air liur, yang menjadi salah satu menyebab bau mulut.

Besiwak juga dapat menyegarkan rongga mulut. Hal ini karena terdapat senyawa aromatik yang mudah menguap dengan alami. Mulut bersih dan napas segar pun dapat anda dapatkan dengan bersiwak.

Setelah mengetahui manfaat dari bersiwak, tidak ada salahnya anda mencobanya. Tak kalah dengan sikat gigi menggunakan pasta gigi bukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here