kandungan garam dapur

Garam merupakan bumbu yang digunakan hampir disemua belahan dunia karena kandungan garam dapur  yang asin. Garam memiliki lambang kimia NaCl.  Hampir setiap hari kita menggunakan garam untuk memasak ataupun untuk keperluan lain.

Garam juga dapat membantu kita memenuhi iodium sehari-hari. Kandungan garam dapur sejatinya memiliki mineral yang banyak. Namun karena proses pengolahan yang kita lakukan saat memasak ada beberapa mineral yang hilang atau rusak. Tapi itu tidak mengurangi manfaatnya, karena dalam masakan sehari-hari pun sudah cukup memenuhi kebutuhan iodium dalam tubuh.

Selain untuk membantu memenuhi asupan iodium kita, garam juga mempunyai manfaat yang tak kalah penting. Natrium dalam kandungan garam dapur merupakan mineral yang sangat dibutuhkan dalm tubuh manusia. Mineral ini berperan untuk penyeimbang antara asam dan basa dalam tubuh. Tak hanya itu untuk menjaga kesehatan otot dan saraf juga dibutuhkan mineral ini. Garam juga bermanfaat untuk control tekanan osmotic cairan tubuh kita.

Salah satu kandungan garam dapur adalah yodium. Yodium ini berperan untuk mengatur metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Yodium juga berfungsi untuk membantu sintesis hormon tiroid. Sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit gondok.

Meskipun banyak manfaat yang didapat dari kandungan garam dapur, anda tetap harus membatasi pengkonsumsiannya. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan akan timbul efek negatif, begitu pun pada garam dapur. Apalagi bagi anda yang mempunyai penyakit Hipertensi, harus mengkontrol asupan garam. Garam dapat meningkatkan volume darah, sehingga tekanan dinding pembuluh darah meningkat.

Dampak dari penyakit hipertensi yaitu penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga pecah pembuluh darah  di otak atau di mata. Jadi hati-hati bagi anda penderita hipertensi.

Garam juga bersifat mudah meyerap air. Maka jika anda menkonsumsinya secara berlebihan dapat meyebabkan bengkak pada beberapa bagian tubuh.

https://lingshenyao.id/kanker-payudara-bisa-sembuh/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here