Gejala Kista dan Miom

Kabarwanita.id –  Kedua penyakit ini bisa menyerang pada organ reproduksi wanit, dan tentunya sama-sama ditakuti oleh setiap wanita. Apakah kalian tau kista dan miom memiliki gejala yang bisa membahayakan ?

Sebelum menjelaskan bahaynya, mari kita mengulang dulu sekilas tentang penyakit ini. Kista adalah tumor jinak yang bentuknya menyerupai kantong berisi cairan atau nanah, ukurannya ada yang sangat kecil sampai sebesar buah melon. Sedangkan miom ini tumbuh dan berkembang pada dinding rahim dan ukurannya mulai dari sebesar kacang polong sampai sebesar tomat.

Membandingkan dari gejala kista dan miom sebetulnya lebih bahaya mana. Coba lihat dulu gejala berikut ini :

Gejala Kista

  1. Perut membesar
  2. Nyeri panggul
  3. Sakit saat berhubungan seks
  4. Siklus haid tidak teraktur
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Membuat perut bengkak

Gejala Miom

  1. Sering buang air kecil
  2. Pendarahan yang tidak wajar ketika haid
  3. Sakit saat berhubungan seks
  4. Terasa penuh dibagian perut bawah
  5. Membuat perut bengkak

Bagi kamu yang ingin menilai bahaya dengan membandingkan dari gejala kista dan gejala miom sangatlah mudah sebetulnya. Berikut ini cara membantingkan bahaya dari kedua penyakit ini, yaitu :

Sama-sama sama bisa menular melalui keturunan

Orang tua atau ibu yang pernah terjangkit kista atau miom, bisa jadi penyakit nya akan menurun pada anaknya kelak. Namun itu tidak sepenuhnya terjadi, jadi jika anda memiliki Ibu yang pernah mengalami nya tidak perlu khawatair namun diharapkan tetap selalu waspada.

Sama- sama menyebabkan bengkak pada perut

Kedua penyakit bisa menyebabkan perut bengkak, namun kista lebih berbahaya. Sebab kista bisa tumbuh di sebelah kiri atau kanan ovarium, yang nantinya bisa menyebabkan  seluruh perut bagian bawah bengkak.

Kista menurunkan kesuburan

Kista tumbuh pada ovariu dan setiap wanita memiliki 2 ovarium. Kista bisa tumbuh pada salah satu ovarium atau bisa keduanya. Bagaimana jika kista tumbuh pada kedua ovarium, lalu anda melakukan operasi pengangkatan, berari anda akhirnya tidak memiliki ovarium yang tentunya anda kemungkinan tidak akan bisa hamil lagi. Namun pada perumbuhan miom tidak akan memberikan dampak yang berbahaya, namunhanya akan mengganggu pada proses kehamilan dan saat persalinan.

Kista bisa memicu kanker Ovarium

Miom tidak menyebab sedangkan kista bisa. Ini menandakan jika kista menyebar bisa berbahaya, karena akan tumbuh menyebar di sekitar ovarioum. Kondisi tersebut akan meningkatkan risiko untuk terkena kanker ovarium

Baca Juga : Cara Mengatasi Miom Tanpa Operasi

Kista bisa mengakibatan komplikasi

Sekali lagi kista bisa tumbuh menyebar dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan komplikasi. Komplikasi yang dimaksud yaitu kista bisa mengangggu organ lain yang berada di luar organ reproduksi. Sedangkan miom hanya akan merusak pada oran reproduksi saja.

Nah, dari penjelasan diatas anda bisa membandingkan bahaya dari gejala kista dan miom. Selain itu kista dan miom bisa dibedakan bahayanya dari kondisi dan pertumbuhannya.

https://lingshenyao.id/ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here