gangguan tidur pada anak

Gangguan tidur tidak hanya di alami orang dewasa, tapi juga anak-anak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi masalah tidur pada anak. Berikut beberapa penyebab umum gangguan tidur pada anak :

Mimpi buruk

Biasanya anak akan terbangun jika mengalai mimpi buruk dan kesulitan untuk tidur kembali. Akibatnya anak menjadi rewel dan kurang tidur. Mimpi buruk pada anak secara psikologis terjadi dipicu karena masalah emosional, yaitu stres dan kecemasan. Dan mimpi buruk bisa lebih sering dialami jika anak kurang tidur.

Sleep walking

Anak-anak lebih sering mengalami sleep walking dibanding orang dewasa. Meskipun hal ini bukan masalah serius, namun jika terlalu sering bisa membahayakan anak dan akan terjadi hingga dewasa. Gangguan tidur yang satu ini menandakan jika anak sedang merasa stres.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Insomnia

Gangguan tidur pada anak salah satunya karea insomnia. Insomnia memang sudah tidak asing lagi. Gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tertidut. Bahkan jika ia sudah tidur lalu terbangun, maka akan sulit kembali untuk tidur. Insomnia ini juga bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti :

Sakit

Pada anak yang sedang sakit yang gejalanya memburuk saat malam tentu menganggu jam tidurnyaAdanya gangguan lambung atau GERD juga membuat anak insomnia. Cobalah untuk mencari cara untuk mengurai gelajanya agar anak lebih nyaman saat ingin tidur.

Masalah emosional

Anak memiliki masalah keluarga atau dengan temannya lebih beresiko terkena insomnia. Misalnya perceraian orang tua, di bully, mengalami kekerasa. Hal ini karena dialam bawah sadarnya anak akan terus memikirkan hal tersebut.

Kamar yang kurang nyaman

Semua orang butuh tempat tidur yang nyaman untuk beristirahat, sama halnya dengan anak-anak. Keadaan yang tidak nyaman seperti berisik, ruangan yang panas ataiu terlalu dingin bisa menjadi penyebab insomnia.

Sleep apnea

Sleep apnea kondisi dimana berhentinya napas sejenak ketika tidur. Hal ini bisa disebabkan karena berat badan anak yang berlebih dan amandel yang membesar. Kondisi ini bisa memjadi membahayakan jika terjadi dalam waktu yang cukup lama.

https://lingshenyao.id/mencegah-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here