Danau Toba

Danau Toba, perairan yang letaknya berada di daerah di Sumatera Utara ini memiliki luas dengan panjang sekitar 100 km dan lebar 30 km. Menurut sejumlah ilmuwan, danau air ini terbentuk akibat erupsi hebat Gunung Toba yang terjadi pada 74.000 tahun lalu.

Adapaun fakta menarik lainnya yang belum di ketahui oleh banyak orang, berikut ulasannya :

Gunung Toba meletus sebanyak 3 Kali

Yakni letusan pertama terjadi pada tahun 800.000 yang lalu yang mengakibatkan kaldera pada sisi selatan gunung. Letusan yang kedua terjadi sekitar 500.000 tahun yang lalu dan membentuk kaldera pada sisi utara. Dan letusan ketiga terjadi pada 74.000 tahun yang lalu dan menghasilkan kaldera. yang Kemudian mengubah gunung toba berubah menjadi danau toba yang sekarang ada pulau samosir di tengahnya.

Gunung toba (Gunung super colcano )

Gunung yang mengelilingi danau toba dan pulau samosir adalah gunung berapi yang sekarang masih aktif dan kapan saja bisa terjadi erupsi.

Letak Danau Toba Rawan Bencana

Hal ini terkait posisi indonesia yang letaknya berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik. Yaitu Lempeng Eurasia, lempeng Pasifik dan lempeng Indo-Australia.

Mengalami Penurunan Suhu di Seluruh Samudera

Seorang peneliti yang berasal dari New York University telah menemukan benda yang terdapat di dasar laut yang bernama foraminifera. Benda itu menjadi indikasi yang menyebabkan suhu bumi sangat ektrim pada waktu itu. Dan peneliti juga menyebutkan bahwa benda itu berasal dari erupsi gunung toba yang membuat samudera di seluruh dunia mengalami penurunan suhu sampai 5 derajat celcius.

Debu Riolit (rhyolite)

Ditemukan juga Debu Riolit di malaysia, bahkan sampai  3.000 kilometer ke utara hingga India Tengah dan juga di Samudera Hindia.

Mengakibatkan Kematian Masal

Dengan terjadinya lutusan gunung ini menyebabkan kematian masal dan menyusutkan jumlah manusia sampai 60 %. Bahkan beberapa spesiespun mengalami kepunahan

Penyebaran Debu Vulkanik yang Jauh

Debu vulkani yang menyebar ditemukan di 2100 titik di dunia bahkan sampau di kutu utara.

Selain dari fakta menarik di atas, danau toba juga menduduki peringkat pertama di media sosial dibandingkan dengan danau lainnya. Tak kalah indahnya pulau samosir juga memiliki danau indah yang diberi nama Danau Aek Natonangdan dan Danau Sidihoni .

Nilai budaya dan sejarah yang tinggi juga tercatat pada danau toba, karena memiliki ikan khas daerah batak (Neolissochillus thienemanni). Dan pernah menjadi desitinasi populer di era 1990 an bagi turis di seluruh dunia.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here