perbedaan bidan dan dokter kandungan

Bagi anda yang akan mempersiapkan kelahiran, masih bingung untuk melahirkan dibantu oleh bidan atau dokter kandungan? Sebelum menentukan dimana anda akan bersalin berikut perbedaan bidan dan dokter kandungan :

Penanganan

Dari penanganan pasien jelas berbeda antara bidan dan dokter kandungan. Untuk bidan, biasanya memangani proses pernalinan normal saja dan beberapa keadaan darurat juga bisa ditangani. Namun jika sudah terjadi komplikasi maka bidan akan merujuk ke dokter kandungan. Karena alat yang dimiliki bidan tidak selengkap di Rumah Sakit, selain itu tindakan yang memerlukan tidakan operasi bidan tidak diperkenankan. Untuk tindakan sesar hanya diperbolehkan dilakukan oleh dokter kandungan.

  • Penanganan Persalinan

Dalam proses persalinan, bidan akan mendamipi anda ketika mulai ada pembukaan, persalinan, merawat bayi hingga observasi pasca persalinan. Sedangkan dokter kandungan tidak akan mendampingi lengkap proses tersebut, karena mereka langsung menangni pasien lain.

  • Penggunanan Pereda Nyeri

Untuk persalinan didokter biasanya untuk mengurangi nyeri, dokterkan memberikan suntikan epidural. Namun jika dibidan, mereka tidak akan memasukan obat apapun. Proses alami ini bertujuan mengurai efek samping dalam penggunaan obat tertentu.

  • Sebelum Persalinan

Sebelum persalinan dokter akan memasang meginfus pada anda dan melakukan monitor dengan terus menerus. Sedangkan bidan akan memperbolehkan anda untuk berjalan atau membantu memposisikan anda ke posisi yang nyaman.

Pemeriksaan

Perbedaan bidan dan dokter kandungan dalam hal pemeriksaan juga patut anda pertimbangkan. Untuk proses pemeriksaan kehamilan pemeriksaan dibidan akan memakan waktu yang lebih lama, karena bidan memperhatikan segala aspek. Misalnya dari segi emosional, social dan spiritual juga akan diperhatikan selama kehamilan. Tak hanya saat proses kehamilan dan persalinan, bidan juga akan memperhatikan banyak aspek lain. Yaitu kesehatan reproduksi, seksual, perawatan pasca persalinan dan juga perawatan bayi hingga balita (termasuk imunisasi).

Untuk dokter kandungan, mereka berfokus pada pemeriksaan dan diagnosis. Dan mencegah terjadinya komplikasi saat melahirkan. Dokter kandungan bisanya menangani pasien dengan komplikasi atau yang memerlukan tindakan sesar.

Kedekatan Dengan Masyarkat

Perbedaan bidan dan dokter kandungan yang satu ini sangat mencolok. Kedekatan bidan dengan msyarakat cenderung lebih baik, karena mereka terjun langsung pada masyarakat. Bidan juga akan melakukan Posyandu secara rutin untuk memantau kesehatan bayi dan balita disekitarnya. Sehingga lebih banyak berinteraksi dengan masyarakan. Sedangkan dokter kandungan kebanyakan hanya bisa dijumpai di Rumah Sakit.

Tempat Persalinan

Perbedaan bidan dan dokter kandungan yang terakhir yaitu tempat bersalin. Untuk bersalin dengan dokter kandungan tentu saja anda harus menuru ke Rumah Sakit. Sedangkan bidan selain bisa melahirkan dibidan itu sendiri, beberapa bidan juga bisa membantu anda melahirkan dirumah.

Apakah anda sudah bisa menentukan dimana anda akan bersalin nanti? Perlu diingat jika anda akan melahirkan dengan normal dan tidak resiko tinggi atau komplikasi, bidan bida menjadi pilihan. Namun jika anda mempunyai resiko tinggi dan harus dalam pengawasan sebaiknya memilih dokter kandungan.

https://lingshenyao.id/infeksi-kantung-kemih/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here