ciri ciri kanker servik stadium awal

Ciri Kanker Serviks Stadium Awal

Banyak kasus kematian pada wanita diakibatkan karena kanker serviks. Penyakit ini merupakan penyakit yang dimana penderitanya seringkali tidak merasakanan ciri-ciri kanker servik stadium awal. Karenanya banyak wanita yang menyadari setelah kanker sudah cukup parah.

Mengetahui ciri-ciri kanker servik stadium awal, akan mencegah kanker semakin parah dan menyebar.Proses penyembuhannya pun tergolong lebih mudah dibanding pada stadium yang sudah lanjut.

Penyebab kanker serviks karena virus human papillomavirus atau HPV. Kebanyakan kasus pada kanker serviks karena PMS atau penyakit menular seks. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengatahui gejala awal dari penyakit mematikan ini. Berikut ciri-ciri kanker servik stadium awal :

  • Pendarahan

Pendarahan yang keluar dari vagina dan tidak teratur seperti menstruasi. Pendarahan yang terjadi bisa antara periode menstruasi atau juga setelah berhubungan seks. Tak hanya pada usia produktif, pendarahan juga dapat terjadi pada wanita menopause. Gejala ini paling umum terjadi pada stadium awal.

  • Keputihan

Keputihan merupakan bisa disinyalir tanda beberapa penyakit pada wanita. Pada penderita kanker servis stadium awal keputihan ini biasanya bercampur darah atau sedikit berair. Selain itu carna dan teksturnya, Bau dari keputihan ini juga biasanya berbau busuk.

  • Nyeri

Nyeri yang timbul ini biasanya dirasakan diaerah panggul. Selain pada daerah tersebut, ketika hubungan seksual juga terasa nyeri tidak seperti biasanya.

Jika anda mengalami gejala seperti ciri ciri kanker servik stadium awal  sebaiknya memeriksakan diri pada dokter. Biasanya akan menyarankan anda untuk melakukan Pap smear untuk mendeteksi kanker serviks. Untuk terhindar dari kanker serviks sebaiknya menghindari faktor yang dapat meyebabkan resiko kanker serviks. Lakukan seks dengan aman, melakukan vaksin kanker serviks, hindari merokok.

https://lingshenyao.id/kista-dan-miom-apakah-bisa-hamil/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here