Cara mengatasi BAB keras

Sembelit merupakan keadaan dimana kita kesulitan BAB. Hal ini tentunya tidak nyaman bukan? Karena perut terasa kembung. Salah satu faktor sembelit adalah BAB yang keras. Ada beberapa cara mengatasi BAB keras yang bisa anda lakukan dirumah, berikut ulasannya :

Konsumsi Serat

Asupan serat yang cukup dapat membuat tinja menjadi lunak. Selain itu serat juga membuat kotoran hasil metabolisme tubuh bergerak lebih cepat dalam usus. Untuk mendapat asupat serat bisa anda jumpai dari buah dan sayur. Jika anda biasa sarapan dengan roti, anda bisa mengganti jenis roti menjadi roti gandum atau sereal. Makanan yang berbahan dasar gandum utuh mengandung serat yang baik bagi pencernaan.  Namun sebaiknya anda melakukan penambahan serat ini secara bertahap ya. Karena jika secara tiba-tiba ada langsung konsumsi banyak serat bisa mengakibatkan kembung.

Minum banyak air putih

Cara mengatasi BAB keras yang selanjutnya bisa dengan konsumsi air putih lebih banyak. Pastikan anda minum air putih minimal 8 gelas/ hari untuk mencukupi kebutuhan cairan. Namun, jika anda mempunyai aktifitas fisik yang berat misalnya olahraga, anda bisa menambah kebutuhan cairan anda. Anda juga bisa mengecek dari warna urin anda. Jika warnanya gelap bisa dipastikan jika anda kurang minum.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan fisik dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Selain ini, ternyata olahraga juga bisa membantu menlancarkan BAB. Jika anda malas melakukan aktiitas fisik yang berat, anda cukup janan santai 15 – 30 menit setiap pagi atau sore.

https://lingshenyao.id/mencegah-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here