cara mendidik anak yang baik dalam keluarga

Cara Mendidik Anak Yang Baik

Memiliki seorang anak merupakan anugerah dan tanggung jawab yang besar bagi orang tua. Tumbuh kembang dan bagaimana anak dimasyarakat nantinya, dipengarui cara mendidik orang tua. Berikut cara mendidik anak yang baik dalam keluarga :

  • Cinta

Cinta dan kasih sayang menjadi hal pertama dalam mendidik anak yang baik. Tanamkan pada anak cinta pada sesame dan sikap murah hati, anda bisa mencontohkannya pada orang terdekat. Dengan begitu anak akan melihat hubungan harmonis keluarga sebagai kasih sayang. Berikan hadiah kecil atau sekedar pujian jika anak bersikap baik. Dukunglah yang anak lakukan selama itu baik, bersikap baik namun anda harus tetap tegas ya. Berikan batasan pada anak dan tidak selalu menuturi kemaunannya, agar anak tidak menjadi manja.

  • Kejujuran

Cara mendidik anak yang baik dalam keluarga yang berikutnya adalah kejujuran. Ajari anak jujur dengan tidak memarahinya ketika anak melakukan kesalahan, tapi beri pengertian dengan baik. Dengan cara tersebut anak akan berbicara jujur dengan apa yang telah dilakukannya Kebanyakan anak berbohong karena takut dimarahi jika mengatakan hal jujur.

Mengobati miom tanpa operasi !

  • Keadilan

Cara mendidik anak yang baik dalam keluarga yang tak kalah penting yaitu anda harus bersikap adil. Sikap lingkungan yang tidak adil akan menimbulkan rasa iri pada sang anak. Sikap iri pada anak akan membuatnya agresif dan kecewa pada lingkungan. Mulailah dari hal-hal yang dekat yaitu keluarga. Misalnya tidak pilih kasih pada salah satu anak atau sodara yang umurnya tidak terpaut jauh dengan anak. Jangan memihak atau membela jika anak berkelahi, namun ambil jalan tengah.

  • Sopan santun

Cara mendidik anak yang baik dalam keluarga salah satunya dengan sopan santun. Mengajari tentang sopan santun akan membuat anak dihargai ketika dirinya tumbuh besar. Ajari sikap santun dengan cara anda menunjukan sopan santun pada lingkungan. Biasakan menggunakan kata “maaf, tolong dan terima kasih”. Meski sepele, namun justru hal kecil ini akan mudah ditiru oleh anak.

Apa yang anda ajakan pada anak juga harus anda aplikasikan. Karena anak juga akan meniru yang anda lakukan sehari-hari.

https://lingshenyao.id/bahaya-penyakit-endometriosis/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here