benjolan di payudara nyeri

Munculnya benjolan di tubuh pastinya membuat seseorang khawatir apalagi benjolan di payudara nyeri. Namun, jangan panik dulu karena tidak semua benjolan berpotensi kanker. Beberapa jenis benjolan yang nyeri juga dapat bersifat non kanker.

Ada beberpa hal yang memicu adanya benjolan di payudara nyeri misalnya hormon yang tidak stabil atau adanya upnormal dipayudara. Mengetahui penyebab benjolan sangat penting untuk mempermudah dokter melakukan penanganan yang tepat. Berikut beberapa jenis pada payudara :

Kelainan fibrokistik

Fibrosis atau disebut juga kista adalah kondisi dimana adanya sel abnormal pada jaringan dipayudara. Gejalanya yaitu muncul benjolan, ada rasa nyeri dan bengkak. Saat masa menstruasi biasanya lebih terasa nyeri, namun tidak bersifat ganas.

Fibrosis

Pada kasus fibrosis ini menimbulkan nyeri, mirip seperti jaringan luka jika diraba. Meski begitu benjolan jenis ini tidak berisiko kanker payudara.

Ciri Penyakit Kista !

Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan jenis tumor jinak yang paling sering ditemui seorang wanita. Gejala dari fibroadenoma adalah muncul benjolan yang dapat berpindah dan mudah digerakan. Benjolan teraba padat, tidak nyeri saat ditekan, dan tidak berpotensi kanker.

Intraductal papilloma

Jenis benjolan yang satu ini  juga termasuk pada tumor jinak dan non kanker. Ciri dari intraductal papilloma adalah benjolannya cukup besar dan muncul dekat puting. Tumor ini lebih berpotensi pada wanita berusia 35 – 55 tahun.

Maka dari itu melakukan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri sangat penting dilakuakan. Dengan melakukan SADARI dapat mendeteksi jika adanya benjolan atau kelainan yang terjadi pada payudara. Sehingga depat ditangani dengan segera.

.https://lingshenyao.id/tanda-kanker/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here