bahaya asam lambung terhadap jantung

Bahaya asam lambung terhadap jantung

Jantung merupakan oragan yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup, sebab tugas utamanya adalah memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika jantung mengalami gangguan pada fungsinya, maka kesehatan seseorang pun akan terganggu.

Lalu apa kaitannya jantung dengan Asam lambung ?

bahaya asam lambung terhadap jantung

Sumber : https://kapsulmetama.com/perbedaan-asam-lambung-dan-serangan-jantung/

Dengan posisi jantung dan asam lambung yang saling berdekatan, maka jika anda sedang terkena asam lambung akan mempengaruhi juga pada jantung anda. Misalnya asam lambung yang naik ke dada akan mempengarui gangguan jantung seperti sesak, maka dari itu anda harus mewaspadainya.

Nah berikut di bawah ini beberapa pengaruh asam lambung terhadap jantung, yaitu :

1. Heartburn

Heartburn disebabkan oleh asam lambung yang naik ke esofagus (kerongkongan). Penyebabnya bisa membuat dada anda terasa panas serta akan mempengaruhi kondisi kesehatan jantung.

2. Bradikardia

Bradika adalah kondisi dimana detak jantung akan melambat, bahkan bisa melambat sampai 60s per menit. Asam lambung juga bisa menyebabkan kondisi jantung seperti itu, sebab asam lambung dapat memberi efek untuk merusak alat pacu jantung tersebut.

3. Takikardia

Takikardia yaitu kebalikan dari bradika atau detak jantung akan lebih cepat. Biasanya, jantung akan berdetak cepat ketika anda sedang beraktivitas, namun kondisi ini terjadi akibat anda sdang mengalami penyakit asam lambung. Detak jantung bisa sampai 150 detik permenit, maka dari itu jika anda mengalami hal ini, maka harus segera mendapat pertolongan medis.

4. Kardiomiopati

Otot jantung yang mengalami masalah, bisa mempengaruhi kinerja jantung untuk bekerja secara maksimal, Hal ini disebut dengan Kardiomiopati. Kondisi tersebut bisa terjadi karena bawaan dari lahir atau bisa disebabkan kondisi asam lambung yang sedang naik.

5. Sesak Nafas

Sakit pada bagian dada bisa membuat anda sesak nafas. Apabila anda mengalami sakit pada bagian kiri dada seperti di remas atau ditekan dan kemudian menjalar ke area bahu dan tangan, nah itu harus diwaspadai. Karena itu merupakan ciri terkena penyakit jatung. Tapi jika anda terkena asam lambung, juga akan merasakan gejala seperti penyakit jantung, tapi bedanya Cuma akan merasakan sesak nafas saja. Namun tetap saja berbahaya bagi kesehatan jantung, sebab pada dada kiri itu adalah area sekitar jantung.

Nah, itu lah pengaruh dari penyakit asam lambung terhandap jantung. Anda bisa ligat betaha bahayanya asam lambung terhadap jantung,semoga dengan pembahasan ini dapat menambah ilmu bagi para pembacanya.

https://rheumapas.com/obat-asam-urat-herbal-yang-manjur/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here