BAB warna hitam saat hamil

Saat hamil, ada banyak perubahan yang terjadi pada seorang wanita, termasuk dalam proses pencernaan. Namun, pernahkah anda mendapati BAB yang berwarna hitam saat hamil? Ada beberapa yang mengatakan jika hal itu bisa membahayakan. Berikut beberapa penyebab BAB warna hitam saat hamil :

Efek samping dari suplemen zat besi

Ibu hamil biasanya mendapat suplemen zat besi oleh dokter atau  bidan karena sangat penting untuk memenuhi kebutuhannya selama kehamilan. . Dibalik manfaa zat besi yang banyak, ada juga efek samping yang terjadi dari konsumsi zat besi ini. Salah satu efeknya yaitu menyebabkan BAB warna hitam saat hamildan tidak membahayakan.

Adanya pendarahan di saluran cerna

Penyebab paling umum adanya pendarahan di saluran pencernaan biasanya karena konstipasi. Banyak wanita hamil yang sering mengalami konstipasi. Konstipasi atau sudah BAB dikarenakan feses yang sangat keras bisa merobek pembuluh darah yang ada di sekitar saluran cerna. Saat adanya pendarahan di saluran cernaa membuat feses bercampur dengan darah sehingga warnanya menjadi menghitam. Jadi banyak makanan yang mengandung serat ya !

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Gastritis (magh)

Penyebab BAB warna hitam saat hamil yang selanjutnya bisa karena gastritis atau adanya peradangan di usus. Hal ini bisa dipicu karena pola makan yang salah, stress dan konsumsi makanan tertentu.

Muntah Berlebihan

Ko bisa muntah yang berlebihan erpengaruh pada BAB yang menghitam? Begini penjelasannya. Saat muntah dapat memicu sobekan esofagus yang berakibat adanya pendarahan disana.

Luka di lambung atau usus 12 jari

Seperti kasus sebelumnya, jika terjadi pendarahan disaluran cerna tentu bisa membengarusi BAB. Salah satunya jika ada perlukaan di lambung atau usus 12 jari yang parah. Luka disaluran cerna ini bisa diakibatkan karena maag yang sudah parah, infeksi dari bakteri, efek samping dari obat, dan alcohol.

https://lingshenyao.id/obat-tradisional-kista-ovarium/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here